oleh

Gadget Bisa Berdampak ODMK

-Berita-254 Dilihat

BERITA BOGOR – Peran orangtua dan guru perlu ditingkatkan untuk mencegah anak – anak tidak ketergantungan penggunaan gadget. Usia 5 dan 8 tahun juga mengalami orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) akibat kecanduan gadget. 

Kecanduan penggunaan gawai untuk anak-anak bisa menyebabkan masalah kejiwaan serius. (Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat, Elly Marliyani). 

Masalah kecanduan gatget pada anak-anak membuat usia rentan masalah kejiwaan meluas dari 15 tahun menjadi lima tahun. Saat ini, pihak Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat tengah menangani anak-anak yang mengalami ODMK akibat kecanduan gawai. 

Kondisi sosial yang berkembang saat ini, anak-anak berpotensi tinggi mengalami sakit jiwa. (Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Jawa Barat, Arief Sutedjo). 

Pada 20 tahun ke depan diprediksi penyakit tidak menular akan lebih menghantui masyarakat. Salah satu yang dikhawatirkan meningkat adalah penyakit depresi. “Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, orangtua dan guru di sekolah memiliki peran penting membangun sikap anak terhadap pengaruh teknologi yang semakin canggih,” imbuhnya. (Jabarprov)

Baca Artikel Aslinya