24 Februari 2024
oleh

FKUB Surakarta Studi Banding Ke Kota Bekasi

-Utama-130 Dilihat

FKUB Surakarta Studi Banding Ke Kota Bekasi

By Admin 20 Juni 2023 6 Views

KOTA BEKASI – Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Surakarta (Solo) bersama Badan Kesbangpol Kota Surakarta melakukan kunjungan kerja ke Kota Bekasi, Selasa, (20/6/2023). 

Kunjungan FKUB Surakarta diterima Plt. Kepala Kesbangpol Kota Bekasi, Warsim Suryana , Ketua FKUB Kota Bekasi, H Abdul Manan dan pengurus di Ruang Rapat Sekda Kota Bekasi. 

Ketua FKUB Solo, KH. M. Mashuri  menyambut baik atas sambutan hangat yang diberikan Pemkot Bekasi.  Ia juga berharap dari kunjungannya kali ini dapat menjadi pembelajaran yang berguna bagi toleransi kerukunan umat di Solo. Ia berharap prestasi Kota Bekasi sehingga dinobatkan sebagai Kota Toleran Ketiga Nasional pada 2022 bisa menular di Kota Surakarta. 

“Studi tiru ini untuk menambah ilmu dari Pemkot dan FKUB Kota Bekasi untuk mengedukasi kami di Kota Surakarta,” ucap KH. Mashuri. 

Ketua FKUB Kota Bekasi, H Abdul Manan dalam kesempatan itu mengungkapkan kerukunan umat beragama di Kota Bekasi telah berjalan dengan baik didukung semua unsur sehingga tercipta sikap saling menjaga kerukunan umat. Kota Bekasi juga telah membentuk Majelis Umat Beragama di tingkat Kecamatan dan Kelurahan untuk mendukung penerapan toleransi agama dan edukasi kepada masyarakat. 

“Pada tahun 2021 kita mulai melakukan kegiatan dalam membentuk Pemuda Lintas Agama ( PORMULA) Persaudaraan Wanita Lintas Agama (PERWALA) yang bertugas mengembangkan dan memperluas jaringan FKUB terhadap pemuda dan kalangan ibu-ibu untuk mendukung toleransi umat beragama di Kota Bekasi,” ucapnya. 

Dirinya juga mengapresiasi seluruh elemen di Kota Bekasi atas raihan prestasi Nasional Kota Toleran Ketiga se-Indonesia 
2022.  Proses panjang penerapan kota toleran ini tak lepas dari peran serta Pemkot Bekasi dan lapisan masyarakat dalam mendukung kerukunan umat sehingga saling menjaga kondusifitas,” pungkasnya. 

Dalam kesempatan tersebut juga simbolis dilakukan tukar menukar plakat dan oleh-oleh khas daerah masing-masing dan foto bersama. (goeng)

Tags : FKUB,Kota Bekasi,Surakarta

Sumber : Bekasikota.go.id