oleh

Dukung Program Ketahanan Pangan, Pemdes Cipancur Bangun JUT

-Berita-139 Dilihat

KALIMANGGIS- Program ketahanan pangan menjadi prioritas bagi Pemdes Cipancur, Kecamatan Kalimanggis. Ini dibuktikan dengan mengalokasikan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 untuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) yang berlokasi di Blok Pajawan, Dusun Wage.

‘’Tujuan pembangunan JUT untuk memperlancar akses para petani di area persawahan terutama dalam mempermudah mereka membawa hasil panennya,’’ ujar Kades Cipancur Ending Suhardi, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (18/9/2023).

Dia menjelaskan, pembangunan tersebut dilaksanakan menggunakan sitem pengecoran dengan panjang mencapai 900 meter dan lebar 3,5 meter dengan anggaran yang dialokasikan sebesar Rp. 452 Juta.

“Untuk panjangnya mencapai 900 meter dengan lebar 3,5 meter ditambah dua saluran irigasi disamping kanan kiri jalan, sehingga lebar keseluruhannya 5 meter dan pengerjaannya dilakukan secara padat karya oleh masyarakat,” terangnya.

Dikemukakan Ending, JUT yang sedang dibangun tersebut sebelumnya hanya berupa jalan tanah dan sangat sulit dilalui kendaraan dalam mengangkut hasil pertanian. Namun, kini masyarakat, khususunya para petani dapat bernapas lega karena jalan yang diidamkan sejak dulu tengah dibangun.

Selanjutnya, Kades Cipancur berharap, dengan dibangunnya JUT tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, baik sejak pembangunan hingga pemanfaatannya. ‘’Dengan adanya pembangunan ini, warga tidak lagi resah karena sulitnya akses jalan menuju pertanian, serta mereka bisa lebih mudah mengangkut hasil pertanian,” pungkasnya. (Bid IKP/DISKOMINFO)