oleh

DKM Masjid Agung Syi’arul Islam Kuningan Salurkan Hewan Qurban untuk Idul Adha 1444 H/2023 M

-Berita-116 Dilihat

Kuningan – Dewan Kemakmuran Masjid Agung Syi’arul Islam di Kuningan telah mengumumkan penampungan dan penyaluran hewan qurban untuk perayaan Idul Adha 1444 H/2023 M. Dalam pengumuman tersebut, DKM Masjid Agung Syi’arul Islam memberikan informasi mengenai jumlah hewan qurban yang akan disalurkan serta sumbangan dari berbagai pihak.

Untuk hewan qurban berjenis sapi, DKM Masjid Agung Syi’arul Islam akan menampung dan menyalurkan sebanyak 5 ekor sapi. Sumbangan sapi ini berasal dari beberapa donatur yang luar biasa, termasuk tokoh-tokoh penting di Kuningan. Bapak H. Acep Purnama, SH.,MH Bupati Kuningan, memberikan sumbangan 1 ekor sapi. Selain itu, Pemerintah Daerah Kuningan juga turut berpartisipasi dengan menyumbangkan 1 ekor sapi. Bapak DR. H. Agus Suparman bin H. Ma’an Sahudin Bekasi memberikan sumbangan 1 ekor sapi, sementara Ibu Hj. Susi Mansur juga turut berkontribusi dengan menyumbangkan 1 ekor sapi. Keikutsertaan Bank bjb dalam aksi kebaikan juga terlihat dengan sumbangan 1 ekor sapi.

Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa hewan qurban berupa sapi tersebut akan disalurkan dalam bentuk paket daging, dengan target minimal 1.000 paket. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa manfaat dari hewan qurban dapat dirasakan oleh sebanyak mungkin masyarakat yang membutuhkan.

Selain sapi, terdapat juga 4 ekor kambing yang akan disalurkan kepada masyarakat. Sumbangan kambing ini juga datang dari donatur yang peduli. Kapolres Kuningan memberikan sumbangan 1 ekor kambing. Almarhum Bapak H. Dedi Setiadi bin H. Muhammad Nasihin, warga Blok Kabumen Kuningan, juga berpartisipasi dengan menyumbangkan 1 ekor kambing. Angga Mulyana memberikan sumbangan 1 ekor kambing, sementara Toko Blood Taman Kota Kuningan ikut serta dengan menyumbangkan 1 ekor kambing.

Hewan-hewan qurban tersebut akan dikelola di setiap RT dan Ungkungan yang ada di 56 RT dan 9 RW yang berada di Kelurahan Kuningan. Totalnya, terdapat 90 ekor kambing dan 19 ekor sapi yang akan diolah menjadi paket daging untuk didistribusikan kepada masyarakat.

DKM Masjid Agung Syi’arul Islam menghimbau kepada masyarakat yang berkeinginan untuk menerima paket daging qurban agar mendaftarkan diri kepada RT masing-masing. Pembagian paket daging qurban akan dilakukan secara adil dan merata kepada seluruh warga yang terdaftar.

Panitia Kurban dari DKM Masjid Agung Syi’arul Islam, menyampaikan bahwa kegiatan penampungan dan penyaluran hewan qurban ini merupakan wujud nyata dari semangat kebersamaan dan solidaritas umat muslim dalam berbagi kepada sesama. Mereka mengapresiasi sumbangan yang diberikan oleh berbagai pihak, baik dari tokoh masyarakat, pemerintahan, maupun individu yang turut berpartisipasi dalam aksi kebaikan ini.

DKM Masjid Agung Syi’arul Islam juga mengajak seluruh masyarakat Kuningan untuk ikut berpartisipasi dalam memanfaatkan paket daging qurban ini dengan bijak. Mereka mendorong agar masyarakat yang benar-benar membutuhkan paket daging qurban tersebut mendaftarkan diri kepada RT masing-masing, sehingga pembagian dapat dilakukan secara adil dan merata.

Dengan adanya kegiatan penampungan dan penyaluran hewan qurban ini, DKM Masjid Agung Syi’arul Islam berharap bahwa masyarakat Kuningan dapat merasakan manfaat nyata dari semangat berqurban dan semakin mempererat tali silaturahmi antara sesama umat muslim. Semoga perayaan Idul Adha tahun ini menjadi momen yang penuh berkah dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Kuningan.

Sementara itu Bupati mengawali sambutannya terlebih dahulu mengucapkan syukur Alhamdulillah karena pada tahun ini masih diberikan kesempatan untuk bisa menyambut dan merayakan Idul Adha secara bersama-sama. Menurutnya kurban adalah salah satu amalan yang memilki makna yang mendalam bagi umat manusia, Ia merupakan wujud pengorbanan diri kita sebagai hamba Allah SWT, sebagai bentuk kepatuhan kita kepadanya dan sebagai tanda syukur kita atas nikmat yang telah Allah AWT berikan kepada kita.

“Dengan melakukan kurban, kita menyadari bahwa apapun yang kita miliki adalah karunia dari Allah SWT, dan kita harus selalu bersyukur atas segala yang telah diberikan kepada kita. Untuk itu sejalan dengan hikmahnya sebagai hari raya Idul Kurban, hari ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar, tahan uji, dan tegar menghadapi cobaan kehidupan”, ungkapnya.

lebih lanjut Ia juga berharap semoga perayaan Idul Adha ini dapat membawa keberkahan, kemuliaan dan anugerah, sehingga kita semua memperoleh kemudahan dalam menjalani hidup menuju Ridha Allah SWT.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kuningan juga didampingi Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si, Dandim 0615 Kuningan Letkol. Inf. Bambang Kurniawan, SE., MA, Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M,Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kuningan Drs. H. Ahmad Handiman Romdony, M.Si. Ketua MUI KH. Dodo Syarif Hidayatullah, serta Ketua DKM Syiarul Islam Drs. H. Yayan Sopyan, MM. (Bid IKP/Diskominfo).