oleh

Diskopindag Apresiasi Startup UB Wakil Indonesia di Hannover Messe 2023

-Berita-109 Dilihat

Malang (malangkota.go.id) – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi tim Official Partner Country Hannover Messe 2023. Mereka yang merupakan tim Axotic Farm terdiri dari Daffa Khairan (FPIK 2018), Muhammad Setiawan Gusmi (FPIK 2018), Raditya Putra Trenggono (FPIK 2021), dan Brillian Prastica (FPIK 2018).

CEO Axotic Farm, Daffa Khairan, Jumat (28/04/2023) menjelaskan bahwa di Hannover Messe 2023 Axotic Farm memposisikan diri sebagai ‘Indonesian Fish Trading’ karena mereka turut membawa berbagai komoditi perikanan Indonesia.

“Harapannya melalui (Hannover Messe 2023) ini Indonesia dapat meningkatkan peluang untuk ekpansi pasar perikanan ke Eropa. Hal ini juga sejalan dengan visi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk bisa ekspansi ke Eropa karena berdasarkan data KKP, nilai ekspor perikanan ke negara Uni Eropa senilai USD357,12 juta atau hanya 6,26 persen dari total keseluruhan,” ungkap Daffa.

Axotic Farm sendiri merupakan perusahaan hasil hilirisasi riset Mahasiswa Universitas Brawijaya Maalng yang fokus pada pengembangan produk perikanan.

Salah satu pencapaiannya adalah berhasil mengembangkan sistem U-RCS (Ultra Recirculated Chiller System) yang mana sistem ini dapat memanipulasi parameter sehingga dapat mengembangkan berbagai komoditi dengan sistem close-loop.

Komoditi yang menjadi fokus adalah Axolotl (Ambystoma Mexicanum) yang berhasil dikembangkan melalui sistem U-RCS dimana pada dasarnya Axolotl merupakan endemik Meksiko yang hidup pada iklim subtropis, namun kini berhasil dikembangkan dan adaptif di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

“Pencapaian ini menjadi awal baru untuk ide pengembangan riset yang lebih besar seperti salmon yang mungkin saja dapat dikembangkan di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya Axotic Farm merupakan hasil hilirisasi riset yang telah melewati berbagai kompetisi dan mendapat silver Medal pada PIMNAS XXXIV, Juara I KMI Awards, Juara I UTU Awards pada bidang perencanaan bisnis.

Hannover Messe 2023 sendiri merupakan pameran teknologi industri tahunan terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Deutsche Messe AG (DMAG) dengan menggandeng negara mitra sebagai Official Partner Country. Hannover Meese 2023 diselenggarakan pada tanggal 17 hingga 21 April 2023 dan diikuti lebih dari 90 negara peserta serta dikunjungi oleh banyak pelaku bisnis dari seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut Indonesia dipercaya menjadi Official Partner Country Hannover Messe 2023. Terdapat 13 kementerian/lembaga yang turut berpartisipasi di ajang tersebut.

Indonesia di Hannover Messe 2023 ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, Senin (19/4) waktu Hannover, Jerman. Sebagai Official Partner Country dari perhelatan akbar industri tersebut, Indonesia menghadirkan Paviliun Indonesia di atas area mencapai 3.000 meter persegi.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi mengaku bangga karena dari Kota Malang semakin banyak terlahir startup berkelas dunia. “Kami akan terus mendorong dan memfasilitasi para startup, khususnya yang memiliki potensi tinggi,” ujarnya.

“Kota Malang yang merupakan Kota Pendidikan dan dihuni sejumlah perguruan tinggi memang mempunyai potensi tinggi untuk melahirkan banyak startup berdaya saing. Ini salah satu keunggulan kita dan ke depan akan terus kami optimalkan,” pungkas Eko. (say/yon)