12 Juli 2024
oleh

Diskominfostandi Kota Bekasi Gelar Sosialisasi SP4N-LAPOR di Kecamatan Bekasi Barat

-Berita-165 Dilihat

Diskominfostandi Kota Bekasi Gelar Sosialisasi SP4N-LAPOR di Kecamatan Bekasi Barat

By Admin 03 Mei 2023 21 Views

KOTA BEKASI – Rabu, 3 Mei 2023
Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi melakukan Sosialisasi SP4N-LAPOR kepada perwakilan masyarakat, ketua RW, RT dan Karang Taruna pada kegiatan rapat minggon tingkat Kecamatan di 12 Kecamatan se-Kota Bekasi, Rabu (03/05/2023)

Sosialisasi pertama dilaksanakan pada wilayah Kecamatan Bekasi Barat yang bertempat di Aula Kelurahan Jakasampurna yang dihadiri langsung oleh Camat Bekasi Barat, para Lurah dan 40 peserta perwakilan masyarakat, ketua RW dan RT dari 5 (lima)  Kelurahan wilayah Kecamatan Bekasi Barat.

Adapun tujuan dari sosialisasi tersebut adalah untuk memperkenalkan kanal pengaduan nasional  SP4N-LAPOR! untuk dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana permohonan informasi, aspirasi dan pengaduan yang disampaikan kepada penyelenggara publik dan dapat ditindaklanjuti.

SP4N atau Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan juga LAPOR atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat merupakan website pengelolaan pengaduan pelayanan untuk publik yang dikelola oleh Kementerian PANRB dan terintegrasi secara nasional pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik oleh penyelenggara negara.

Dalam pemaparannya, Slamat Gunawan selaku Kepala Bidang Pelayanan Informasi Publik Diskominfostandi Kota Bekasi menyampaikan bahwa seluruh aduan yang telah dikirim melalui aplikasi maupun website SP4N-LAPOR! akan diverifikasi dan ditindaklanjuti. Adapun identitas pelapor akan dirahasiakan, sehingga pelapor tidak perlu khawatir akan informasi pribadinya.

Sosialisasi ini disambut positif dan penuh antusias oleh warga. Salah satu warga, Roni menyebutkan bahwa pelaporan digital ini merupakan inovasi baru, namun ia juga menyampaikan kekhawatirannya akan aduan yang tidak mendapat solusi karena terlalu menumpuk dengan aduan lain. Menanggapi hal tersebut, Slamat Gunawan menjelaskan kembali terkait SOP penanganan pengaduan masyarakat dan memastikan bahwa semua aduan akan dilayani dengan baik.

Terakhir Camat Bekasi Barat menyampaikan harapannya agar topik yang dibahas dalam sosialisasi ini dapat diteruskan kembali oleh perwakilan yang hadir kepada masyarakat lainnya di lingkungan masing-masing.

(DO-NMP)

Tags : SP4N-LAPOR,Sosialisasi

Sumber : Bekasikota.go.id