oleh

Dishub Kembali Gelar Operasi Tepak, Sasar Beberapa Titik

-Berita-185 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang kembali melaksanakan Operasi Tertib Parkir (Tepak), Senin (15/5/2023). Menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang dan TNI-Polri, operasi gabungan ini menyasar beberapa area di Kota Malang yang kerap dijumpai adanya pelanggaran aturan parkir.

Tim Patroli Gabungan (PatGab) melakukan pemantauan di kawasan Pasar Besar dalam Operasi Tertib Parkir (Tepak)

Kali ini, Tim Patroli Gabungan (PatGab) melakukan pemantauan di kawasan Pasar Besar. Di lokasi ini, dijumpai lima kendaraan roda dua yang diparkir di atas marka larangan parkir. Tim Patgab pun mengamankan kelima kendaraan tersebut. Selain penindakan, Tim Patgab memberikan imbauan kepada para jukir dan pengendara agar disiplin mematuhi aturan parkir.

Tim PatGab juga melakukan penertiban parkir di kawasan RS Saiful Anwar (RSSA) Malang. Di Jalan Pattimura (belakang RSSA) tim menemukan dua kendaraan roda empat dan di depan RSSA ada sembilan kendaraan roda empat yang diparkir menyalahi aturan. Tim PatGab melakukan penggembokan pada semua kendaraan tersebut. Tindakan serupa juga dilakukan di area Ramayana dan Pasar Gadang, di dua lokasi tersebut Tim Patgab menggembok enam kendaraan roda empat yang parkir tidak pada tempatnya.

Kepala Dishub Kota Malang, Drs. Widjaja Saleh Putra mengatakan bahwa pelaksanaan Operasi Tepak dilakukan secara persuasif dengan memnberikan edukasi dan juga penindakan sehingga para pelanggar mengalami efek jera dan tidak mengulangi kesalahan di kemudian hari. “Semua harus tertib dan mengikuti aturan yang ada. Kalau tidak tertib pasti kami tindak,” tegas Jaya, demikian Kadishub itu kerap disapa.

Dishub juga melakukan juga melakukan penertiban pada angkutan umum yang ngetem sehingga menjadi pemicu kemacetan. “Kami imbau para sopir untuk tidak memberhentikan kendaraannya dalam waktu lama. Kami juga melakukan penilangan kepada sopir yang ngetem di pintu keluar Terminal Arjosari,” ujarnya.

Disebutkannya, Dishub juga telah mendirikan pos pemantauan angkutan umum di bawah Flyover Arjosari. Petugas akan melakukan pemantauan dan penertiban angkutan umum setiap hari guna menciptakan kelancaran dan ketertiban lalu lintas. “Harapannya selalu tercipta ketertiban demi keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (ari/yon)