oleh

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Desa 2019

-Berita-344 Dilihat

BERITA BOGOR – Sebanyak seratus peserta dari 100 Desa yang berada di wilayah Kabupaten Bogor diberikan bimbingan teknis pengelolaan arsip desa oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor pada 30-31 Oktober 2019 bertempat di hotel yang terletak di kawasan Citeureup. 

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Desa 2019 209

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Desa 2019 209

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber Drs. Deni Ardiansyah seorang Analis Kebijakan Madya Pemda Kabupaten Bogor dan narasumber dari Dispuspida Provinsi Jawa Barat.  

Adapun materi dan praktik serta diskusi yang disampaikan adalah tentang kebijakan pengelolaan arsip desa, peran sekretaris desa dalam pengelolaan kearsipan pemerintah desa, dan materi pengelolaan, penyimpanan dan perawatan arsip desa. 

Peserta kegiatan, Kepala Seksi Pelayanan Desa Sukaharja Kecamatan Sukamakmur, Firman mengatakan dengan mengikuti kegiatan bimbingan teknis pengelolaan arsip desa, telah menambah wawasan baru bagi dirinya dan akan ditularkan kepada para staf desa. Pasalnya, selama ini sistem kearsipan manual dan digital di desa masih belum maksimal dikarenakan kendala jaringan internet dan belum tersedianya server sendiri. 

Baca juga :  Sekilas Tentang Enterobacter Sakazakii Pada Susu Formula

“Selain itu masalah pemeliharaan juga masih menjadi kendala. kami masih menggunakan hardisk eksternal untuk back up data – data arsip desa yang jumlahnya tidak sedikit. Termasuk penerapan arsip secara manual juga belum memiliki ruangan khusus yang memadai, anti rayap dan bebas dari ancaman gangguan tikus dan lainnya,” jelasnya, Rabu (30/10/2019) sore di ruang pertemuan hotel tersebut. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor. TB. Luthfi Syam berharap kegiatan bimbingan teknis pengelolaan arsip ini dapat diterapkan di setiap desa mengingat pentingnya arsip dalam suatu penyelenggaraan pemerintah desa dan pelayanan kepada masyarakat desa. 

“Diharapkan bimtek ini dapat menambah wawasan dan pengalaman melalui kebijakan dan praktik selama dua hari kegiatan ini manfaatkanlah sebaik mungkin. Terutama bagaimana sistem pengeolaan, penyimpanan dan perawatan arsip desa. Perlu diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor melaksanakan salah satu misi pada program Panca Karsa Bupati Bogor,” jelasnya saat sambutan pembukaan kegiatan. (her)

Baca Artikel Aslinya