oleh

Desa Sukaraja Menjadi Sasaran Pembangunan TMMD ke 117

-Berita-56 Dilihat

KUNINGAN-Desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang menjadi sasaran agenda pembangunan  Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023 di wilayah teritorial Kodim 0615/Kuningan. Untuk mulai kegiatan digelar  Upacara pembukaan TMMD dilaksanakan Rabu (12/07/2023) di Lapangan Desa setempat. Selaku Inspektur Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH.

Dandim 0615/Kuningan, Letnan Kolonel INF Bambang Kurniawan yang juga selaku DanSatgas TMMD mengatakan, TMMD mengusung tema “Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI rakyat semakin kuat” ini merupakan bentuk kebersamaan maupun gotong royong antara TNI dan masyarakat.

Menurutnya, Pelaksanaan TMMD ini akan menurunkan  sebanyak 150 personel, terdiri dari Dansatgas dan Staf Satgas, Tim Teknis TNI, dan perwakilan Pemerintah Daerah. Personel tersebut berasal dari berbagai unit, seperti Yonif 312/Kala Hitam, Yon Arhanude-14/PWY, Lanal Cirebon, Lanud Surya Darma Kalijati, Denzibang, dan Polres Kuningan. Selain itu, akan ada tambahan 20 orang mahasiswa yang turut membantu dalam pelaksanaan TMMD dan partisipasi masyarakat setempat.

Untuk agenda utama pembangunan TMMD ke-117 disebutkan DanSatgas TMMD,  meliputi Pembangunan Rambat Beton jalan sepanjang 1.650 km dengan lebar 2,5 m,  Pembangunan 1 titik jembatan, dan pembangunan 7 titik gorong-gorong. Dilakukan beberapa pembangunan tambahan, seperti pemasangan 2 titik PJU (Penerangan Jalan Umum).

Selain itu,  pengurugan dan rehabilitasi WC di SDN 2 Sukaraja, rehabilitasi meubelair di SDN 1 Sukaraja, pembangunan 2 titik Poskamling, pembangunan 2 unit Rutilahu, pemasangan aspal panjang 150 m, rehabilitasi posyandu, rehabilitasi jides, dan pembangunan Tugu TMMD ke-117.

Ia menjelaskan,   selain kegiatan fisik, juga akan dilakukan kegiatan non fisik, antara lain: penyuluhan Kabtimas, pembinaan mental/dakwah setiap Jumat, penyuluhan BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) PAUD KBAi-MA Arif sebanyak 62 siswa, KB Nurul Hikmah, dan KB Pelangi sebanyak 71 siswa, sosialisasi pengembangan daerah, sosialisasi kesehatan, penguatan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, pengelolaan sampah, serta pelatihan budidaya ikan.

“Dilakukan juga  pelayanan terpadu pengobatan bagi para peternak, pelatihan menjahit pola MTU, sosialisasi pajak bumi dan bangunan, sosialisasi perolehan hak atas tanah dan bangunan BPHTB, serta pelayanan langsung koreksi SPPT PBB dan berbagai pelayanan lainnya,” ungkapnya.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, sebagai inspektur upacara pembukaan TMMD, menjelaskan, salah satu permasalahan yang berkembang di masyarakat saat ini adalah semangat kegotongroyongan dan kebersamaan yang cenderung menurun sehingga untuk mengatasinya perlu dilakukan langkah-langkah konkret dari semua pihak.

“Melihat permasalahan tersebut TNI sebagai bagian dari masyarakat mempunyai tugas berupaya menguatkan kembali rasa kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat salah satunya yaitu melalui kegiatan TNI manunggal membangun desa (TMMD),” ungkap Bupati.

“Hal ini dapat membangkitkan serta mendorong percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan,” ucapnya.

Bupati Acep menambahkan, pembangunan infrastruktur sarana prasarana bagi masyarakat tentu akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan warga Kuningan.

“Sebagai contoh pembangunan akses jalan yang akan kita bangun diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas transportasi serta memperlancar urat nadi ekonomi khususnya di wilayah pelaksanaan TMMD,” paparnya.

Dengan adanya kegiatan TMMD ini, bupati Acep berharap kedepannya akan terus terpelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Untuk itu, kepada warga Kuningan, mari kita gelorakan dan bangkitkan serta pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa.

Kepada prajurit TNI yang tergabung dalam satgas TMMD, Bupati Acep meminta untuk menjalin terus silaturahmi dan hubungan baik dengan masyarakat. Begitu pun kepada kepala desa dan masyarakat Desa Sukaraja secara khusus dapat bersinergi dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan TMMD.

Pada upacara pembukaan TMMD ke-117 tahun 2023 Kodi615/Kuningan ini hadir mewakili Pangdam III / Siliwangi, Kapoksahli DAM III/SLW, Brigjen TNI Kuat Budiman,  Danrem 063 / SGJ, Kolonel Inf Andi Asmara Dewa, Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, Dudi Mulyakusumah, Kepala Pengadilan Negeri Kuningan, Lusiana Amping, Kapolres Kuningan, AKBP Willy Andrian, Dandim 0615/Kuningan, Letnan Kolonel INF Bambang Kurniawan,  serta sejumlah Dandim di wilayah Korem 063/SGJ. Wakil Bupati Kuningan, Sekda Kabupaten Kuningan dan beberapa Perangkat Daerah. (IKP/DISKOMINFO)