oleh

Desa Jambar dan Sadamantra Raih Prestasi Sayembara Desa Digital

-Berita-175 Dilihat

BANDUNG – Pemerintah Desa Jambar, Kecamatan Nusaherang dan Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan tengah berbahagia. Pasalnya, dua desa tersebut berhasil meraih prestasi sebagai Desa Digital Perikanan kategori Pembudidaya Ikan Terpilih dalam Sayembara Desa Digital tahun 2023.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam acara Festival Literasi Digital (VIRAL) Jawa Barat 2023 di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, pada Sabtu (02/09/23).

Prestasi tersebut didapatkan setelah melalui berbagai tahapan penilaian. Untuk Desa Jambar pelaku budidaya usaha ikan, sekaligus penerima penghargaan, yaitu Nana Kurniawan, dan Desa Sadamantra, Supriatna. Mereka berhasil memenuhi kriteria penilaian dan termasuk dalam kategori desa digital level 4.0, yakni desa dengan penerapan teknologi digital dalam meningkatkan produktivitas masyarakat desa secara mandiri dan berkelanjutan di bidang Perikanan.

Usai menerima penghargaan Supriatna mengatakan, jenis ikan yang dibudidayakan adalah Ikan Nila dan Gurame dengan memanfaatkan lahan desa dan lahan pribadi bekerjasama dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Rumah Ikan. Untuk pemberian pakan dilakukan secara otomatis menggunakan mesin eFeeder yang bisa dikontrol melalui aplikasi di handphone.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan prestasi ini tak lepas peran aktif masyarakat, dan dukungan pemerintah desa, Bumdes, Perangkat Daerah yang terkait dan pihak lainnya, dalam mengembangkan potensi budidaya ikan melalui inovasi teknologi digital. Untuk itu disampaiakan terima kasih, karena penghargaan ini merupakan prestasi bersama.

Di tempat terpisah, Bupati Kuningan, Acep Purnama, SH., MH, mengucapkan selamat atas penghargaan yang diraih oleh Desa Jambar yang diwakili Nana Kurniawan dan Supriatna asal Desa Sadamantra. Semoga prestasi tersebut dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dan pemerintah desa di Kabupaten Kuningan dalam hal mengembangkan potensi yang ada di desa masing-masing dengan memanfaatkan tekonologi digital.

Bupati Acep berpesan, teruslah menggali potensi dan berperan  aktif, kolaboratif dan terus berinovasi dalam mengembangkan potensi wilayahnya dengan memanfaatkan teknologi, sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Kuningan.

Sebagai informasi, Sayembara Desa Digital merupakan bagian dari program Desa Digital yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dengan tujuan mendapatkan desa-desa dengan potensi di bidang pertanian dan perikanan yang dapat bekerja sama dengan mitra Desa Digital untuk mewujudkan program Desa Digital tahun 2023.

Saat memberikan Penghargaan Ridwan Kamil menerangkan,  Desa Digital adalah program pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital dan internet. Tujuannya untuk lebih mengembangkan potensi desa, pemasaran, layanan akses, dan informasi.

“Layanan publik desa akan didigitalisasi terhubung dengan jaringan nirkabel, memiliki pusat komando, media sosial, promosi, e-commerce serta aplikasi yang disesuaikan dengan karakter dan potensi ekonomi setiap desa,” jelasnya. (BID IKP/DISKOMINFO)