oleh

Dengan Kolaborasi, Kuningan Siap Menjadi Kabupaten Satu Data

-Berita-138 Dilihat

KUNINGAN,- Data merupakan salah satu dasar penentu kebijakan pembangunan. oleh karena itu, mari kita berkolaborasi dalam membangun perstatistikan di Kabupaten Kuningan untuk mewujudkan Kuningan Satu Data.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M. Si. saat memberikan materi pada acara Focus Group Discussion (FGD) Publikasi Kabupaten Kuningan dalam Angka 2022, kamis (3/2/2022) bertempat disalah satu Hotel Kuningan dengan mengusung tema “Sinkronisasi Data Publikasi Kabupaten Kuningan Dalam Angka 2022 Dalam Mendukung Pembangunan Statistik Di Kabupaten Kuningan”.

Kadis Kominfo menyampaikan, BPS (Badan Pusat Statistik) sangat membantu dalam hal pelaksanaan perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Kuningan karena dengan data, segala kebijakan yang dilaksanakan dapat lebih tepat sasaran.

“Terima kasih kepada BPS Kabupaten Kuningan atas kerja sama dan kontribusinya bagi pembangunan, khususnya di Kabupaten Kuningan melalui data yang disediakan. Terus pertahankan dan tingkatkan untuk prestasi data yang berkualitas,” ujarnya.

Masih dikatakan Wahyu, BPS terus berupaya memberikan kualitas pelayanan publik yang baik kepada masyarakat, khususnya dalam penyampaian informasi perkembangan pembangunan di daerah. salah satunya, kata Wayu dengan adanya aplikasi Kudamas (Kuningan Dalam Angka Statistik).

“Mudah-mudahan aplikasi Kudamas dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pengguna data serta dapat terus meningkatkan performanya,” ujarnya.

Lanjut wahyu, sebagai penyelenggara data, fungsi Diskominfo sendiri yakni sebagai walidata pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan data instansi untuk memperoleh data melalui survei, kompilasi produk administrasi sesuai dengan perkembangan iptek.

“Pemkab Kuningan kini memiliki Command Center Selain sebagai pusat komando, tempat itu juga akan menjadi pusat data daerah untuk memantau kondisi di lapangan hingga sarana berkomunikasi dengan masyarakat. Kami juga bekerja sama dengan Jabar Digital Service dan Sumedang Command Center untuk mengisi aplikasi di dalamnya dan menuju Kuningan Smart City. Ada satu aplikasi Kuningan Cerdas, yakni Kuda Siwindu, yang merupakan aplikasi wahana transformasi kehidupan baru,” tuturnya.

Sementara, kepala BPS Kabupaten Kuningan Ir. Asep Arifin Mandiri, M. Stat. menyampaikan FGD ini sebagai dasar untuk melakukan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SDI (Satu Data Indonesia) dan data statistik sekaligus untuk menyusun strategi pembinaan data statistik.

“Untuk mewujudkan data statistik Kabupaten Kuningan dalam genggaman, BPS Kabupaten Kuningan berinovasi melaunching aplikasi KUDAMAS Aplikasi diseminasi berbasis Android untuk mewujudkan Data Statistik Kabupaten Kuningan dalam genggaman,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Agus Awaludin, S. Sos., MM. menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh seluruh OPD, Kepala Dinas, Kepala Badan dan Lembaga Kementerian.

“Kegiatan ini untuk menyamakan, mensinkronisasi dan berkolaborasi untuk menyamakan persepsi, konsep, metodologi serta rekonsiliasi penyusunan publikasi Kabupaten Kuningan dalam Angka 2022,” ujarnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Kabar Terbaru