oleh

Dekranasda Kuningan Bersinar dalam Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan

-Berita-182 Dilihat

Bandung – Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) telah resmi dibuka untuk umum di Area Gedung Sate Bandung pada Jumat (7/7/2023). Acara pembukaan ini dipimpin oleh Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, didampingi Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea.

Pada acara ini, Dekranasda Kabupaten Kuningan juga turut memamerkan berbagai produk unggulan yang diproduksi oleh perajin dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut. Beberapa produk unggulan dari Kabupaten Kuningan yang dipamerkan antara lain anyaman bambu sukamulya, batik kuningan, celana sunat, kerajinan timah, serta makanan/minuman khas kuningan seperti tape ketan, jenisa, opak bakar, keripik ubi, keripik singkong dan pangan lainnya.

Tidak hanya Kabupaten Kuningan, 27 kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat juga turut berpartisipasi dalam acara ini dengan memamerkan produk-produk unggulan dari daerah masing-masing. Tujuan dari kehadiran produk-produk unggulan ini adalah untuk mengenalkan potensi kerajinan di setiap daerah melalui tujuh Kategori Kriya dan satu kategori khusus untuk Dekranasda Pembina.

Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, secara khusus mengunjungi stan pameran Kabupaten Kuningan. Beliau berharap bahwa KKJ-PKJB 2023 dapat meningkatkan perekonomian pelaku UMKM terutama di bidang kerajinan tangan. Keputusan untuk menyelenggarakan acara ini di udara terbuka, di area Gedung Sate, juga bertujuan agar lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Atalia Praratya Ridwan Kamil menyatakan, “Saya berharap ini bisa mempertemukan antara para perajin pelaku usaha juga dengan para pembeli. Alhamdulillah, KKJ-PKJB tahun ini bisa dilaksanakan di udara terbuka, di area Gedung Sate. Insyaallah, seluruh jalanan kita akan dipenuhi oleh berbagai industri kreatif yang muncul.”

Ika Siti Rahmatika, Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan, mengungkapkan tujuan dan harapan dari partisipasi mereka dalam kegiatan KKJ-PKJB. Menurutnya, salah satu tujuan utama adalah untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk unggulan Kabupaten Kuningan. Dengan adanya acara ini, diharapkan pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan dapat mendapatkan eksposur yang lebih luas dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas pula.

Ika Siti Rahmatika juga menekankan pentingnya memperluas jaringan bisnis dalam industri kerajinan. Dengan mengikuti kegiatan KKJ-PKJB, para pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pembeli dan pihak terkait lainnya, seperti perajin dari daerah lain, distributor, atau pemilik toko. Hal ini dapat membuka peluang kerjasama yang saling menguntungkan serta meningkatkan penjualan produk lokal.

Selain itu, Ika Siti Rahmatika berharap bahwa kegiatan KKJ-PKJB akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Kabupaten Kuningan secara keseluruhan. Dengan semakin berkembangnya sektor kerajinan dan UMKM, diharapkan akan tercipta lapangan kerja baru dan peningkatan pendapatan masyarakat. Selain itu, dengan adanya acara ini, wisatawan dan pengunjung juga dapat menikmati keberagaman kriya dan produk unggulan Jawa Barat, sehingga dapat mendukung sektor pariwisata daerah.

Ika Siti Rahmatika tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah provinsi dan pihak terkait lainnya yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan KKJ-PKJB. Menurutnya, dukungan tersebut sangat berarti dalam memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM Kabupaten Kuningan untuk tumbuh dan berkembang lebih baik.

Para pengunjung dan pelaku usaha di KKJ-PKJB 2023 diharapkan dapat saling berinteraksi, menjalin kerjasama, dan merasakan manfaat dari acara tersebut. Diharapkan pula bahwa kegiatan ini akan menjadi platform yang bermanfaat bagi pengembangan industri kreatif dan kerajinan di Jawa Barat serta dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian daerah. (Bid IKP/Diskominfo).