oleh

Cerita Rakyat Jawa Barat Asal-usul Kota Bandung

-Berita-1507 Dilihat

Cerita Rakyat Jawa Barat Asal-usul Kota Bandung 239

Kata Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahu yang lalu membentuk telaga. (Sumber: Wikipedia)

Cerita rakyat Jawa Barat ini soal penamaan kota Bandung. Alkisah di tanah pasundan, hidup seorang kakek dengan ilmu sakti mandraguna. Ia adalah Empu Wisesa yang tinggal bersama anak perempuannya, Sekar.

Empu Wisesa memiliki 2 orang murid Jaka dan Wira. Jaka memiliki paras yang tampan dan pintar. Namun karena suka menyepelekan sesuatu, membuatnya tertinggal dari Wira yang rajin mencari ilmu. Diam-diam, keduanya mendambakan Sekar.

Singkat cerita, Empu Wisesa membuat sayembara untuk kedua muridnya. Apabila salah satunya bisa memadamkan lahar panas Tangkuban Perahu, maka orang itulah yang akan menikah dengan Sekar.

Baca juga :  Pesta Rakyat Di Taman Topi Kota Bogor

Bukannya mencari ilmu, Jaka justru berfoya-foya bahkan bermain wanita. Berbeda dengan Wira, ia tekun mengitari cekungan luas yang terbentuk oleh lahar panas.

Secara tidak sengaja ia melihat berang-berang yang sedang membuat bendungan dari ranting-ranting pohon. Terinspirasi dari berang-berang, ia memutuskan untuk membendung sungai Citarum untuk memadamkan lahar panas.

Berbekal kesaktian dari Empu Wisesa, ia meruntuhkan sebuah bukit untuk membendung air sungai. Cekungan menjadi danau luas, orang-orang menyebut daerah itu “Danau Bandung” yang berasal dari kata “Bendungan”.

Sekar akhirnya dinikahkan dengan Wira, mereka hidup bahagia dengan dikaruniai banyak anak dan cucu. Sementara Jaka menghilang begitu saja.

Bertahun-tahun kemudian, bendungan yang dibuat Wira mulai runtuh. Air di danau mengering, kemudian tanahnya justru jadi subur dan gembur. Keluarga besar Wira akhirnya menjadi penduduk asli di tanah yang kemudian dinamai kota “Bandung”. (*/red) gambar ilustrasi

Baca juga :  Tahun 2022 Ridwan Kamil Fokus Pembangunan Infrastruktur

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya