oleh

Buyung Sakti Hamel Gaungkan Makna Kemerdekaan Indonesia

-Berita-304 Dilihat

Buyung Sakti Hamel Gaungkan Makna Kemerdekaan Indonesia 239

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun 2022 yang mengusung tema atau tema besar “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, hendaknya dijadikan momentum pemersatu bangsa dengan tujuan mulia mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki makna mengangkat harkat martabat rakyat yang sejahtera di tanah air yang subur makmur menjadi lebih berdaya dan kuat dalam berbagai sektor pembangunan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut ditegaskan oleh Pemerhati Birokrasi Pemerintahan, H. Buyung Sakti Hamel, dihubungi Berita Bogor, Rabu (17/8/2022) pagi.

Ia menjelaskan bahwa naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang pertama kali dikumandangkan oleh Ir Soekarno dan M. Hatta sebagai Presiden pertama Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan bukan sekadar perayaan, tetapi menjadi suatu momen yang tepat untuk mendalami kembali makna di balik kemerdekaan. 

Baca juga :  FPI Gelar Tabligh Akbar Di Puncak

“Cerminan kehidupan bangsa harus selaras dengan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Tentunya patut diwujudkan oleh pemimpin yang menjadi teladan bersama segenap rakyat yang sejalan dalam mengemban amanat cita-cita Kemerdekaan Republik Indonesia,” tegasnya.

“Yang mendesak dan dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini adalah keteladanan para pemimpin. Sikap negarawan, ketulusan dan kejujuran dari pemimpin kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata H. Buyung Sakti Hamel yang merupakan salah satu tokoh Partai Ummat Kabupaten Bogor ini. 

Menurutnya, marwah yang terkandung dalam Pancasila patut dilaksanakan secara bersungguh-sungguh. Sebab, Pancasila, gotong royong dan slogan slogan lain bukan untuk ‘diteriakan’ saja, melainkan untuk diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Itulah mengapa rakyat perlu keteladanan dan sikap negarawan para pemimpin di semua lini. Jangan hanya berteriak persatuan tetapi aktifitasnya malah cenderung memecah belah. Anti korupsi tapi yang dilakukan malah merampok uang negara” imbuhnya. (als)

Baca juga :  R Dadang Zaelani SM mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya