oleh

Bupati Silaturahmi Bersama Para HRD (Human Forum Resource Department) Pituin Asli Kuningan

-Berita-124 Dilihat

Kuningan,- Bertempat Di Aula Wisma Permata Komplek Stadion Mashud  Kabupaten Kuningan, Sabtu (05/02/2022) diadakan silaturahmi antara para HRD (Human Forum Resource Department) Pituin Asli Kuningan yang dari perantauan dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Kuningan.

Dalam Silaturahmi Tersebut kehadiran Para HRD Perusahaan-Perusahaan tersebut disambut hangat oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH,.MH bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Kuningan Dr. Elon Carlan, SS.Pd.,M.MPd beserta jajaran.

“Saya ucapkan selamat datang di Lemah Cai kepada seluruh para HRD Perusahaan di Wilayah Provinsi Jawa Barat, semoga dengan kehadiran saudara semua bisa menambah rasa cinta kepada Kabupaten Kuningan yang Indah, Sejuk dengan Pesona Wisata yang tak kan bisa untuk dilupakan” ucap Bupati membuka sambutannya.

Dikatakan Bupati, Peran aktif Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan, Pemberi kerja atau perusahaan mempunyai kontribusi cukup besar dalam mengentaskan sebagian masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Kuningan terutama dalam peran aktif mencari lowongan kerja dan menyebarluaskan informasi kerja pada masyarakat serta menyalurkan dan menempatkan tenaga kerja sesuai kebutuhan Pemberi Kerja.

“Salah satu upaya menangani masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Kuningan yang saat ini dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan diantaranya dengan mengadakan silaturahmi pertemuan dengan para HRD se Jawa Barat, yang mengarah pada salah-satu upaya untuk mengurangi laju angka pengangguran di Kabupaten Kuningan sebagaimana tertuang dalam Isu Strategis RPJMD Teknokratis Periode 2018-2023” Ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati, acara ini selain mengoptimalisasikan peran Disnakertrans Kabupaten Kuningan dan Perusahaan dalam upaya mengurangi laju angka pengangguran di Kabupaten Kuningan juga sebagai ajang silaturahmi, dan dapat diharapkan membangun komunikasi 2 (dua) arah antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dengan Dunia Usaha yang dianggap dapat memberikan peluang kesempatan kerja dan peningkatan kualitas angkatan kerja bagi masyarakat Kabupaten Kuningan. Sehingga terjalin sinergitas data lowongan kerja dan data pencari kerja.

Bupati juga berpesan, melalui acara silaturahmi  ini diharapkan kepada  perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat, untuk bisa memberikan peluang para pencari kerja asal Kabupaten Kuningan untuk di tempatkan di perusahaan-perusahaan bapak/ibu sekalian apalagi para HRD yang hadir di sini Pituin Kuningan semua.

“Saya berharap acara silaturahmi ini tetap dapat berkelanjutan karena terkait upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk mengurangi laju angka para pencari kerja di Kabupaten Kuningan” ungkap Bupati.

Masih dikatakan Bupati, Pada masa Mendatang, Kiprah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan berharap akan selalu mengoptimalkan fungsi Kelembagaan/Organisasi  Perangkat Daerah Ketenagakerjaan ini dapat memberi nilai manfaat (benefit) untuk masyarakat melalui Pelayanan Publik yang dilakukannya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Kuningan Dr. Elon Carlan, SS.Pd.,M.MPd menyampaikan, mudah mudahan dengan pola-pola komunikasi yang kita bangun hari ini bapak ibu sekalian memiliki kepedulian terhadap daerah sendiri, kita bisa untuk mencari kesempatan dalam rangka bagaimana memikirkan jalan keluar untuk para pencari kerja yang cukup banyak di Kabupaten Kuningan.

“Diharapkan pula kepada para HRD yang hadir barangkali memiliki kesempatan misalnya ada yang membentuk CSR Sosial Perusahaan, ataupun misalnya ada peluang-peluang peningkatan kapasitas yang bisa dilakukan di Kabupaten Kuningan. Karena di Disnakertrans juga memiliki BLK (Balai Latihan Kerja) yang kalo terus menerus mengandalkan anggaran pemerintah ini cukup terbatas. Maka dengan berbagai terobosan, kolaborasi dan inovasi yang kami bangun ini mudah-mudahan  sebagai cara yang efektif, produktif, untuk bisa selesai percepatan dalam rangka menyelesaikan tingkat pengangguran di Kabupaten Kuningan” Tutur Dr. Elon.

Pada Kesempatan tersebut juga perwakilan IP HRD (Ikatan Praktisi Human Forum Resource Department), Kang Maman, melaporkan kepada Bupati bahwa yang hadir pada kegiatan silaturahmi tersebut dari 5 Kabupaten di antaranya dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang dan Jakarta.

Selanjutnya Maman mengatakan, ini merupakan suatu momentum yang pertama kita semua bisa bersilaturahmi bersama semuanya di Kabupaten Kuningan. Saya berkoordinasi dengan kadisnakertrans yang sangat luar biasa sekali visi misinya, saya angkat hormat dan angkat topi kepada bapak Dr. Elon yang mendorong ingin anak-anak kuningan bisa masuk ke dunia industri.

“mudah-mudahan saya khususnya dan rekan-rekan HRD yang hadir bisa membantu putra-putri Kuningan untuk bisa mencicipi dunia industri dan saya tidak mau hanya industri ke depan saya bersama rekan yang lain ingin juga mengembangkan potensi lain seperti wisatanya, SDM nya tinggal bagaimana kita mengemas antara praktisi, antara akademisi, dan profesional untuk memboomingkan nama Kabupaten Kuningan di luar daerah” tutup Maman. (Bid IKP / Diskominfo).

Kabar Terbaru