oleh

Bupati Pemalang Hadiri Puncak Peringatan HUT Ke-73 IBI, Peran Bidan Dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi

Bupati Pemalang Hadiri Puncak Peringatan HUT Ke-73 IBI, Peran Bidan Dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi 1JAWA TENGAH, kabarSBI.com – Pemalang Pada Puncak Acara HUT Ke 73 Ikatan Bidan Indonesia ( IBI) di Regina Hotel, dalam sambutanya Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST,.M.Ling, menyampaikan sambutanya di depan Ratusan Bidan se Kabupaten Pemalang bertempat  di Hotel Regina, dalam rangka Puncak  Peringatan HUT Ke 73 Ikatan Bidan Indonesia ( IBI) , bahwa peran Bidan sangat dominan Dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim Melalui Sinergi Dan Kolaborasi, 6/07/2024.

Bupati Pemalang Hadiri Puncak Peringatan HUT Ke-73 IBI, Peran Bidan Dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi 2Bupati Pemalang Mansur Hidayat,ST., M, Ling , mendorong IBI bisa bersinergi bersama sama Pemerintah daerah Kabupaten Pemalang terutama di sektor Kesehatan,seperti yang sudah kita ketahui krisis iklim sebagian besar di wilayah Indonesia terdapat empat faktor utama berdampak Iklim di antaranya Polusi Udara, krisis Air , Pemanasan Global dan hilangnya keanekaragaman Hayati sehingga berdampak terjadinya bencana.

Terkait dengan kondisi demikian Bidan di harapkan dapat meningkatkan peranya sebagai Penyuluh, Pendidik, Pembimbing dan Fasilitator keliling terutama sebagai program peran serta masyarakat  dalam menghadapi krisis Iklim ini.

Bidan di dorong untuk bisa menjadi panutan untuk memerangi krisis ini ,lewat Pelayanan Kesehatan yang di berikan kepada masyarakat.

Di era saat ini bidan juga diharapkan mampu beradaptasi dengan dinamika Perkembangan jaman lewat terobosan – terobosan baru dalam melayani kesehatan, tentu saja pelayanan tersebut bidan harus tetap berkoordinasi bersinergi dan melakukan kolaborasi dengan pihak –  pihak terkait khususnya Pemerintah Daerah.

Kontribusi bidan sebagai tenaga Profesional dalam pelayanan masyarakat untuk mengahadapi krisis iklim menjadi faktor penting dalam menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat,ST,.M,Ling. berpesan kepada segenap anggota IBI di manapun berada khususnya Kabupaten Pemalang, kuatkan komitmen dan bekerja keras turunkan angka kematian ibu dan bayi.

Lakukan edukasi secara berkelanjutan dampingi dan bimbing ibu ibu dalam menerapkan pola hidup sehat sehinga terwujud keluarga yang sehat dan sejahtera.

Bidan sebagai garda depan pelayanan kesehatan masyarakat, bidan memiliki  peranan strategis mendukung keberhasilan program program pemerintah baik pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, berharap bidan selalu dapat lakukan gerakan masyarakat untuk mensukseskan program program pemerintah tersebut agar kita dapat menciptakan masyarakat Kabupaten Pemalang yang sehat dan kuat.

Di akhir sambutanya Bupati Pemalang Mansur Hidayat ST, M, Ling. Mengucapkan selamat Ulang Tahun IBI  ke 73 semoga kedepannya IBI semakin jaya dan kompak dan semakin bermanfaat untuk masyarakat kabupaten Pemalang.

( MF /red)

Baca Artikel Aslinya