oleh

Bupati Kuningan Terima Kunjungan Kerja Dinas ESDM Jabar Terkait Program Jabar Caang.

-Berita-319 Dilihat

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH.,MH menerima kunjungan jajaran Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat di Ruang Rapat Linggarjati Setda Kuningan, Senin (12/04/2022).

Kunjungan yang dipimpin Sekretaris  Dinas ESDM Jabar Ir. Derry Andriawan, MM bersama Kepala Bidang Ketenagalistrikan Slamet Mulyanto S, ST., MT dan jajaran ESDM Jabar untuk beraudiensi mengenai pengembangan energi baru terbarukan dan program Jabar Caang.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH.,MH bersyukur atas ruang yang diberikan Provinsi Jawa Barat. Baik dari sisi Jabar Caang maupun energi baru terbarukan.

“Kita harus cermati dan dorong peluang ini,” bebernya.

Program-program percepatan ini harus diselaraskan. Hal itu termasuk disinergikan antara provinsi dengan daerah.

“Semoga lewat diskusi ini, ada masukan yang bisa memberikan pencerahan serta terobosan kebijakan,” harap nya.

Sekretaris  Dinas ESDM Jabar Ir. Derry Andriawan, MM mengatakan, kehadirannya ke Kabupaten Kuningan untuk berkolaborasi dan mensinergikan program ESDM Provinsi Jawa Barat.

“Kehadiran kami kesini untuk berdiskusi dan memohon dukungan terkait program Provinsi Jawa Barat yang sedang dikerjakan,” ujarnya.

Program Target Jabar Caang di Kabupaten Kuningan akan mendapatkan 578 sambungan listrik untuk 14 Desa dari 3 Kecamatan di Kabupaten Kuningan dari Provinsi Jawa Barat.

“Selama ini, menggunakan mekanisme CSR yang akan terus dikembangkan dan dibesarkan. Tapi, mekanisme APBD provinsi-pun akan dibuka kembali. Jadi siapkan pengajuan dari Kabupaten Kuningan,” ucapnya.

Sementara dari CSR sendiri, telah ada 71an sambungan listrik di Kabupaten Kuningan yang dilakukan mitra perusahaan di 2019. Menurutnya, penyelesaian masalah listrik merupakan tanggungjawab bersama.

“Tidak hanya tugas pemerintah, namun stakeholder terkait ikut berperan,” ungkapnya.

Dalam Program Jabar Caang ini, banyak mekanisme yang bisa dilakukan. Terutama dari sisi kolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan listrik.

“Dari APBD maupun CSR. Jadi, mohon didorong para pelaku usaha di Kabupaten Kuningan untuk bersemangat memberikan bantuan listrik,” bebernya.

Berkaitan energi baru terbarukan, dirinya meminta pemerintah daerah mendorong penggunaan energi hijau yang ramah lingkungan semisal, penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di gedung-gedung perkantoran pemerintah.

“Penggunaan kendaraan listrik dan kompor induksi perlu dorongan dan dukungan Kepala daerah. Semoga ini bisa dikembangkan dan ditingkatkan,” terangnya. (Bid IKP/Diskominfo)