oleh

Bupati Hadiri Sosialisasi Peningkatan Pertanian Di Desa Cibingbin

-Berita-202 Dilihat

KUNINGAN-Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH hadiri Sosialisasi Peningkatan Pertanian Untuk Masyarakat Petani Desa Cibingbin yang bertempat di Dusun Puhun Kampung Curuggoong Desa Cibingbin. Rabu (4/6/2023).

Menurut Kepala Desa Cibingbin bahwa di Dusun Puhun ini sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani dan peternak, juga terdapat 5 kelompok tani. Dimana pemerintah desa dan salah seorang dari kelompok tani tersebut telah memproduksi pupuk cair organik secara mandiri guna dapat mewujudkan petani yang mandiri dan makmur meskipun dalam sekup yang kecil begitupun dengan produk benih jagung.

Sementara itu dalam arahannya Bupati Acep pertemuan ini dapat dijadikan sebagai wadah yang baik bagi para petani untuk saling bersilaturahim kemudian bisa saling berbagi informasi dan pengetahuan antara satu dengan lainnya, karena dengan pengetahuan yang baik dan mumpuni, para petani akan bisa mengolah pertaniannya dengan baik, memilih bibit dan obat-obatan pertanian, memahami pola tanam dan tata tanam serta juga dalam memasarkan berbagai produk pertanian yang dihasilkannya akan dilakukan dengan baik pula.

“Para petani harus senantiasa meningkatkan kapasitasnya, dengan kapasitas yang semakin meningkat, membuat para petani secara berkesinambungan bisa terus produktif dalam berbagai situas dan keadaan, kita sadari bahwa sektor pertanian termasuk didalamnya perikanan dan kehutanan memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional,  peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan, tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian secara menyeluruh, baik menyangkut pendapatan petani itu sendiri, pendapatan daerah, kesempatan kerja, serta penyediaan bahan baku industri”, Ujar Bupati.

Untuk itu Ia berharap program sosialisasi ini dapat memberikan dampak positif bagi kelangsungan hidup petani, sehingga petani semakin dapat berkarya untuk memastikan ketahanan pangan kita tetap terjaga.

Dalam sosialisasi tersebut juga dilaksanakan sesi dialog dengan masyarakat Dusun Puhun kampung Curuggoong bersama Bupati Kuningan terkait aspirasi disektor pertanian. (BagProkompim/SetdaKuningan).