oleh

Bupati Bogor Nonaktif Tak Dihadirkan Dalam Sidang Perdana

Bupati Bogor Nonaktif Tak Dihadirkan Dalam Sidang Perdana 239

BERITA BOGOR – Sidang perdana Bupati  Bogor nonaktif Ade Yasin kasus suap  pengurusan laporan keuangan hari ini. Ade Yasin akan mendengarkan dakwaan yang akan dibacakan jaksa kepadanya dalam sidang Pengadilan Tipikor Bandung.

Dalam sidang perdana kali ini, Ade Yasin tidak dihadirkan ke dalam persidangan yang dilakukan di Ruang Sidang III Soerjadi, melainkan secara daring dari rumah tahanan (rutan) KPK, Jakarta, dengan nomor perkara kasus Ade Yasin adalah 71.Pid.Sus-TPK/2022/PN/Bdg. Dalam sidang perdana ini, Ade Yasin akan mendengarkan dakwaan dari JPU KPK.

Dilansir dari detikJabar, Rabu (13/7/2022), sidang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Hera Kartiningsih itu beragendakan pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap Ade Yasin yang terjaring OTT KPK bersama 11 orang lainnya. Selang beberapa waktu, KPK menetapkan delapan orang sebagai tersangka di kasus suap laporan keuangan demi meraih predikat WTP dari BPK Perwakilan Jawa Barat.

Jaksa Penuntut Umum KPK, Roni Yusuf saat diwawancara usai persidangan tidak membantah juga tidak membenarkan bahwa penangkapan Ade Yasin adalah bukan operasi tangkap tangan. “Kita sesuai dengan alat bukti yang kita punya. Semua itu bisa berpendapat,” singkatnya kepada wartawan. 

Sementara, Kuasa hukum Bupati Bogor Non Aktif Ade Yasin, Roynal Pasaribu SH MH mengatakan KPK tidak melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada kliennya. Saat penangkapan pada 27 April 2022 dini hari, Ade Yasin dijemput petugas KPK untuk dimintai keterangan sebagai saksi atas penangkapan beberapa pegawai Pemkab Bogor dan pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat.

Ia mengatakan KPK melakukan penjemputan Ade Yasin sebagai saksi pada dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. “Kalau memang mau meminta keterangan kenapa tidak dilakukan penjemputan di jam normal, atau memanggil Ade Yasin ke KPK kan bisa,” katanya. (*/red)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya