oleh

Bupati Acep Resmi Buka Kegiatan IMK Festival 2022

-Berita-1541 Dilihat

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH secara resmi membuka Kegiatan IMK Festival 2022 pada Minggu, (12/06/22) di Gedung Olah Raga Ewangga dengan ditandai simbolis pemukulan gong. Kegiatan tersebut di gagas oleh Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wil Cirebon.

Dalam sambutannya, Bupati Kuningan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara IMK Festival 2022 ini. Adanya Dialog kebudayaan dalam rangkaian acara IMK Festival tersebut diharapkan bisa memberi solusi mengenai masalah-masalah yang terjadi khususnya terkait kebudayaan. 

“Ada sesuatu yang memang harus dibahas bersama-sama terkait kehadiran saudara kita semua yaitu komunikasi masyarakat adat yang bagi saya ini masih menjadi sesuatu yang mengganjal. Sesekali kita berdiskusi di sini bahwasanya apa yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah itu sudah jauh lebih baik. Keberhasilan dalam menyelesaikan masalah ini itulah yang harus kita sadari bersama. Bahwa segala sesuatunya kita melalui sebuah proses baik dari sisi pendekatan-pendekatan seperti pendekatan historis misalnya. Apa yang sudah disepakati juga perlu dihargai supaya tidak menjadi polemik yang berkepanjangan sehingga menimbulkan tafsiran yang kurang bagus bagi kabupaten Kuningan. Mudah-mudahan dengan adanya dialog budaya ini mengungkap apa adanya upaya yang sudah pemerintah daerah lakukan untuk upaya bisa menyelesaikan semua persoalan yang ada” Ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama M. Hisam selaku ketua pelaksana mengatakan acara ini mengusung tema “Sacangreud Pageuh, Saikeut Ajeug” bertujuan untuk bisa mengaktualisasikan kreativitas mahasiswa Kuningan dan menggelar dialog seni dan budaya”

“Berbicara mengenai kreativitas yaitu berbicara tentang out of the box, yang mana didalamnya ada suatu hal yang bisa kita aktualisasikan dengan inovasi baru atau bahkan orang lain belum melakukannya” Ujarnya selaku ketua pelaksana 

Sementara itu, sambutan lain disampaikan oleh ketua umum IMK periode 2021-2022 Alif Fathul Aziz  menyebut,  adanya ruang literasi, KOPIMKU, dan sikuda IMK adalah upaya mendukung program kerja pemerintah daerah Kuningan.

“Adanya ruang literasi ini merupakan salah satu upaya kita dalam mendukung literasi di Kabupaten Kuningan, juga agar terwujudnya program Kuningan BERCAHAYA (Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat)” Ujarnya 

Acara yang akan dilaksanakan selama sepekan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seperti dialog kebudayaan, perlombaan, dan ditutup dengan pagelaran kesenian. Endun Abdulhaq, M.Pd selaku ketua Kabumi mengharapkan adanya IMK Festival ini bisa terwujud setiap tahunnya. (Bid IKP/Diskominfo)