oleh

Bupati Acep Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

-Berita-103 Dilihat

KUNINGAN – Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH, dengan penuh semangat memimpin Upacara Hari Pancasila tahun 2023 yang digelar di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan pada hari Kamis (01/06/2023).

Dalam suasana pagi yang cerah itu, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dihadiri oleh Wakil Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, yang mewakili Kapolres Kuningan, yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri, yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri, pejabat pemerintah Kabupaten Kuningan, peserta yang terdiri dari aparatur sipil negara, TNI, Polri dan pelajar.  Mereka berkumpul dengan penuh semangat untuk merayakan dan mengenang hari bersejarah ini.

Dalam sambutannya, Bupati Acep mengingatkan betapa pentingnya Pancasila sebagai panduan dan landasan utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Beliau menekankan bahwa Pancasila bukan sekadar slogan kosong, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata sehari-hari.

“Pancasila, hingga saat ini, tetap relevan di tengah dinamika masyarakat kita. Prinsip-prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktivitas negara. Di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara Indonesia. Pancasila mengandung 5 (lima) nilai universal dasar, yaitu berketuhanan, berkemanusiaan, berkebhinekaan, demokrasi dan berkeadilan sosial” Ungkap Acep.

Beliau juga menyoroti pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perbedaan yang ada dan mengajak seluruh komponen masyarakat Kuningan untuk saling menghormati dan menghargai bagaiamana sejarah terbentuknya Pancasila.

“Menjelang kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, tepatnya pada tanggal 29 Mei s.d. 1 Juni 1945, para pendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Dalam menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, Pancasila digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal. Sebagai sebuah ideologi, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman” tutur Acep.

“Marilah kita jadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi bagi kita semua dalam mencapai cita-cita luhur bangsa. Dalam perbedaan, kita dapat menyatukan langkah untuk membangun Kuningan yang lebih baik, yang adil, makmur, dan bermartabat,” tegas Bupati Acep.

Sebagai petugas pada Hari Lahir Pancasila tersebut adalah unsur Kepolisian, ASN dan Paskibraka. (BagProkompim/SetdaKuningan)