oleh

Bupati Acep Hadiri Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Jawa Barat

-Berita-133 Dilihat

CIREBON – Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH MH menghadiri Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2023 yang bertempat di stadion Ranggajati, Sumber Kabupaten Cirebon, Senin (18/09/2023). Kabupaten Cirebon di tunjuk sebagai tuan rumah tingkat Provinsi Jawa Barat pada peringatannya yang ke 52. Mengusung tema “Melaju Untuk Trasfortasi Maju” acara peringatan tersebut di hadiri oleh Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Perhubungan se-Provinsi Jawa Barat.

Hari Perhubungan Nasional pertama kali diperingati pada 1971, hal Itu ditandai dengan terbitnya Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971, tentang Hari Perhubungan Nasional.
Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK.274/G/1971 itu memuat tentang Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), hari jadi atau hari bakti dari setiap organisasi/lembaga sektor perhubungan disatukan menjadi Harhubnas, yang kemudian diperingati setiap 17 September.

Bupati Cirebon H. Drs. Imron Rosyadi, M.Ag selaku pembina apel membacakan sambutan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyebutkan bahwa Hari Perhubungan tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk terus bersama bergerak maju, meningkatkan kinerja sektor transportasi untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

“Inovasi dan pembangunan infrastruktur transportasi dalam wujud modernisasi, tidak hanya kian mendorong Indonesia menjadi negara maju, namun juga berimplikasi kuat bagi pembangunan lingkungan, yang berkelanjutan, keselamatan dan ramah pelayanan transportasi yang meningkat,” katanya.
Untuk itu, jajaran Kementerian Perhubungan selaku regulator sektor transportasi diimbau agar dapat bekerja sama, berkolaborasi dan bersinergi secara optimal dengan para operator, stakeholders dan mitra kerja serta pemerintah daerah.

“Dengan Kerja bersama tentu sangat dibutuhkan pemanfaatan secara optimal untuk mendorong infrastruktur transportasi yang telah ada dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab transportasi yang andal, efisien dan berdaya saing akan berdampak positif pada mobilitas masyarakat serta pertumbuhan ekonomi suatu negara.” katanya

Sesuai makna hari perhubungan nasional sebagai hari bakti insan transportasi kepada negeri, maka sejumlah kegiatan telah disiapkan dan diikuti elemen transportasi baik pemerintah, operator, stakholder, mitra kerja dan masyarakat.

Dia pun mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insan transportasi yang telah berdedikasi dan berkarya memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat dan juga telah mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk pembangunan transportasi di Indonesia.

“Perjalanan membangun bangsa ini masih sangat panjang. Ke depan, kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat masih sangat dibutuhkan kontribusi yang besar di sektor transportasi. Hal tersebut juga menjadi bagian dari perwujudan nilai-nilai kebangsaan yaitu cinta tanah air dan bangsa serta kerja bersama di semua sektor sosial” Tutupnya.

Adapun tujuan peringatan Harhubnas tahun 2023 adalah untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa insan perhubungan dengan mitra kerja jasa perhubungan, meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik dan meningkatkan penghayatan dan pengamalan Lima Citra Manusia Perhubungan. (BagProkompim/SetdaKuningan)