oleh

Bupati Acep, Buka Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Kuningan

-Berita-127 Dilihat

KUNINGAN – Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH membuka acara kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Kuningan, bertempat di De Jehans Hotel Sangkanurip Kuningan, Kamis (13/07/2023).

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua KKMI Kabupaten Kuningan, Saeful Makarim, M.Pd, Ketua Pokjawas Kemenang Kabupaten Kuningan, H. Andi Rahmat, M.Pdi, Plt Kepala Seksi Madrasah, Deni Budiman, S.Kom.,M.Kom, dengan narasumber dari Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan, H. setia Amar, Mpd.

Pelaksanaan Bimtek Implementasi Kurikum Merdeka (IKM) kelompok kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Kuningan ini akan di laksanakan mulai dari hari Kamis (13 Juli 2023) sampai dengan Sabtu (15 Juli 2023) dengan tema “Madrasah Mandiri Berprestasi” dimana Output kegiatan tersebut adalah agar madrasah bisa melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan baik sesuai dengan ketentuan yang dilaksanakan dimana Kurikum Merdeka sendiri akan di jalankan pada tahun 2024.

Jumlah peserta sebanyak 186 orang yang terdiri dari Kepala madrasah ibtidaiyah beserta guru Madrasah Ibtidaiyah se kabupaten Kuningan .

Dalam sambutannya Bupati Acep mengatakan bahwa kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“Dimana Guru juga memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik” ungkap Acep.

Masih dikatakan Acep, kurikulum merdeka akan menjadi kurikulum wajib pada tahun-tahun mendatang, namun saat ini sudah ada sejumlah sekolah yang menjadi piloting atau uji coba penerapan kurikulum merdeka. Persiapan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka juga gencar dilakukan baik dengan menggelar workshop ataupun bimbingan teknis (bimtek) pada seluruh jenjang pendidikan.

“Untuk itu atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kuningan saya menyambut baik terselenggaranya Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Kuningan yang dilaksanakan pada hari ini. Saya sangat mendukung kebijakan mengenai kurikulum merdeka, sebab kurikulum ini memberikan peluang pada murid untuk merdeka dalam belajar. Merdeka disini diartikan murid akan belajar sesuai minat dan kemampuan belajarnya sehingga diharapkan para murid akan mengalami pembelajaran yang menyenangkan dan belajar sesuai gaya belajarnya” Tutur Acep.

Kemudian Bupati Acep berharap agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Tugas guru adalah tugas yang mulia, saya berharap para guru mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh dan hasil yang didapatkan dapat diaplikasikan di Madrasah masing-masing” tutup Acep. (BagProkompim/SetdaKuningan)