oleh

Bupati Acep Beri Pembekalan Kepada 94 Calon Kepala Desa Terpilih

-Berita-219 Dilihat

KUNINGAN – Dalam rangka pembekalan kepada calon Kepala Desa terpilih Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH memberikan pengarahan sekaligus Membuka Kegiatan Pembekalan bagi Calon Kepala Desa Terpilih, dengan maksud agar penyelenggaraan Pemerintahan Desa berjalan dengan baik, lancar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula BKPSDM Kabupaten Kuningan tersebut diikuti oleh 94 orang calon Kepala Desa, dan di hadiri juga oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Kuningan. Rabu, (06/09/23).

Seperti kita ketahui bersama pada Agustus 2023 lalu di Kabupaten Kuningan melaksanakan salah satu kegiatan besar yang sangat penting, yaitu pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak yang diselenggarakan di 94 desa. Dalam pelaksanaannya mulai dari tahapan persiapan, pemungutan suara, proses penghitungan suara, hingga ditetapkannya 94 calon kepala desa terpilih, berjalan dengan aman dan lancar.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH dalam sambutannya pertama-tama menyampaikan ucapan, “selamat dan sukses atas terpilihnya bapak dan ibu dalam pemilihan kepala desa serentak tahun 2023. Atas kepercayaan masyarakat tersebut, semoga bapak dan ibu sekalian dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Desa. Pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewajiban sebagai seorang Kepala Desa.

Selain itu Bupati Kuningan juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat, “ini semua tentunya atas kerja keras semua pihak dari mulai forkopimda, panitia tingkat kabupaten, sub panitia tingkat Kecamatan, panitia pemilihan tingkat Desa, panitia pemungutan suara di tps-tps, serta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kuningan yang secara bahu membahu bekerjasama sehingga pelaksanaan pilkades berjalan dengan lancar. Oleh karena itu saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran panitia dan masyarakat kabupaten kuningan yang telah mewujudkan penyelenggaraan pilkades di kabupaten kuningan berjalan sukses tanpa ekses. Insyaa allah pada tanggal 3 oktober nanti akan dilaksanakan pelantikan bagi bapak dan ibu calon kepala Desa terpilih hasil pilkades serentak tahun 2023.

“Berilah pelayanan kepada seluruh warga tanpa diskriminasi, terapkanlah prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pembangunan di Desa. kepada kepala calon Kepala Desa terpilih diharapkan mampu menyelesaikan seluruh permaasalahan-permasalahan yang muncul dengan arif dan bijaksana” Pesan Bupati Acep Purnama.

Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya sendiri. Dengan demikian, setiap desa dapat menampilkan potensi dan kearifan lokal masing-masing, namun masih tetap dalam koridor ketentuan peraturan perundang-undangan atau regulasi yang mengatur tentang penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Kegiatan pembekalan ini sendiri dilaksanakan 2 hari mulai hari ini Rabu 6 September 2023 sampai kamis 7 September 2023, merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman dan pengetahuan serta wawasan tentang bagaimana penyelenggaraan pemerintahan desa agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (BagProkompim/SetdaKuningan)