oleh

Bung Edi Kunjungi Koperasi Berprestasi di Kota Malang

-Berita-302 Dilihat

Sukun, (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko melakukan monitoring dan silaturahmi bersama koperasi berprestasi KSU Karya Abadi Jalan Bandulan Barat Nomor 178, Selasa (19/7/2022).

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko hadir di Koperasi KSU Karya Abadi

Hal ini sebagai salah satu cara menguatkan keberadaan koperasi sebagai soko guru ekonomi bangsa, Pemerintah Kota Malang aktif melakukan monitoring dan evaluasi terhadap koperasi di Kota Malang.

Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan, tujuan datang ke Koperasi KSU Karya Abadi ini untuk memberikan motivasi memberikan semangat. Di samping itu mendengarkan secara langsung dari Ketua Koperasi Agus Suwito, bahwa kondisi koperasi saat pandemi Covid-19 hingga saat ini.

“Terbukti Koperasi Karya Abadi ini memang memiliki berbagai macam prestasi terbaik se-Jatim bahkan Indonesia,” jelas Bung Edi.

Dengan kondisi ini, sehingga banyak hal yang bisa dicontoh dari Koperasi KSU Karya Abadi untuk koperasi-koperasi yang ada di Kota Malang. Dari kondisi yang ada bisa disimpulkan bahwa dengan asas kekeluargaan yang dipakai di koperasi, maka tulang punggung ekonomi masyarakat yang paling bagus adalah model koperasi.

“Buktinya di tengah-tengan kondisi pandemi Covid-19 koperasi tetap bisa eksis dengan pendekatan pendekatan kekeluargaan,” katanya.

Adanya penguatan secara rohaniah bahwa masalah yang terjadi di anggota juga menjadi masalah koperasi. Jadi sebetulnya kerja keras harus selalu dilakukan di samping juga memiliki kekuatan untuk merespons masalah-masalah sosial di lingkungan, terutama untuk anggota koperasi.

“Itu dasarnya adalah adanya keyakinan kepada Allah SWT. Jadi tetap bekerja keras tetapi juga tetap berserah diri kekeluargaannya juga dikuatkan,” terangnya.

Prestasi yang terbaru dari KSU Karya Abadi adalah koperasi ini menjadi koperasi terbaik penyalur program pemerintah, terkait usaha mikro nomor tiga se-Indonesia. Hal ini menjadi sesuatu yang bagus di saat pandemi Covid-19 koperasi di Kota Malang bisa menjadi penyalur terbaik program untuk usaha mikro.

“Pemerintah dengan kewenangan yang ada memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada usaha kecil untuk bisa bersama-sama dengan usaha kecil yang lain dalam menyediakan bahan baku,” tegasnya.

Ketua Koperasi KSU Karya Abadi, Agus Suwito mengatakan, prestasi yang diraih koperasi ini tidak lepas dari peran banyak pihak. Termasuk dari jajaran Pemerintah Kota Malang dalam melakukan pembinaan terhadap koperasi.

“Dalam mengelola koperasi, kami terus melakukan komunikasi baik dengan lurah, camat, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) untuk selalu mengembangkan koperasi yang kami kelola,” kata Agus.

Dari pembinaan itu, meski dalam pandemi Covid-19 lalu hingga kini koperasi tetap bisa eksis dan terus maju. Koperasi KSU Karya Abadi saat ini memiliki anggota sebanyak 478 anggota. (cah/ram)