oleh

Bung Edi: Kota Malang Miliki Potensi Pengembangan Ekonomi Keuangan Digital 

-Berita-856 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Dalam rangka mendorong pengembangan inovasi, utamanya di bidang ekonomi dan keuangan digital di Indonesia, pada tahun 2022 Bank Indonesia bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kembali menyelenggarakan kegiatan ‘Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022’ di Bali dengan tema “Advancing Digital Economy and Finance: Synergistic and Inclusive Ecosystem for Accelerated Recovery” pada tanggal 11-15 Juli 2022.

Usai nonton pembukaan FEKDI 2022, Wakil Wali kota Malang, Ir H Sofyan Edi Jarwoko foto bersama para stakeholder

Dari gelaran tersebut Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menggelar nonton bareng opening ceremony Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 di Hotel Savana, Senin (11/07/2022) yang juga dihadiri perwakilan kepala daerah Malang Raya.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko yang turut hadir dalam sambutannya mengatakan jika forum kali ini akan menjadi sarana yang sangat konstruktif dalam memberikan motivasi dan wawasan baru bagi dunia ekonomi keuangan digital di Kota Malang. “Hal ini mengingat Kota Malang memiliki potensi pengembangan ekonomi keuangan berbasis digital dan berkomitmen terus dalam membangun ekosistem digital yang kondusif,” ujarnya.

Transaksi ekonomi dan keuangan digital, terang pria berkacamata itu,  berkembang pesat seiring meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam betbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital serta akselerasi digital banking. “Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat dukungan kebijakan dalam melaksanakan inovasi sistem transaksi pembayaran QRIS melalui perluasan layanan, pendampingan kepada peserta dan edukasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Pemerintah kota Malang beserta jajarannya, kata pria yang akrab disapa Bung Edi itu, juga terus berkomitmen untuk mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital baik di pusat maupun di daerah, dimana ekonomi keuangan digital adalah salah satu sumber pertumbuhan ekonomi serta memperceoat inklusi ekonomi dan keuangan

“Terkait kegiatan tersebut melalui kegiatan yang terselenggara hari ini saya berharap dapat memberikan stimulus bagi para pelaku ekonomi keuangan digital agar dapat memberikan kontribusi pada percepatan dan pemulihan ekonomi nasional serta berkekembangnya ekonomi keuangan digital di Kota Malang. Tentu kesemuanya itu ditujukan untuk kesejahteraan warga kota Malang,” bebernya.

Sementara itu, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Doddi Sartono mengatakan, FEKDI 2022 merupakan ajang etalase inovasi produk dan layanan serta sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan digital yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan Kementerian Perekonomian dengan didukung oleh Kementerian-Lembaga dan industri, guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Sinergi tersebut diperkuat dengan komitmen bersama melalui peluncuran Gerakan Sinergi Nasional Ekonomi dan Keuangan Digital. FEKDI 2022 sekaligus merupakan wujud sinergi antara Otoritas, Kementerian/Lembaga, Asosiasi dan pelaku industri untuk mengkomunikasikan inisiatif dan kebijakan digitalisasi termasuk showcase pencapaian Indonesia di bidang Ekonomi Keuangan Digital (EKD),” sambungnya.

Lebih jauh Doddi menyampaikan jika perhelatan ini sekaligus mendukung kegiatan Presidensi G20 dengan tema Digitalisasi Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional. “Sebagai salah satu bentuk dukungan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bersama stakeholders utama dalam mensukseskan acara penyelenggaraan FEKDI 2022 adalah dengan menyelenggarakan kegiatan nonton bareng secara online dalam acara pembukaan atau opening ceremony ini,” tukasnya. (say)