oleh

Bunda Paud Kuningan Luncurkan Buku “Adi Berani Makan Sayur”

-Berita-142 Dilihat

KUNINGAN – Bunda Paud Kuningan, Hj Ika Siti Rahmatika SE yang juga adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kuningan meluncurkan sebuah buku berjudul “Adi Berani Makan Sayur”. Karya-nya yang ditulis bersama Dr Elon Carlan tersebut resmi di launching pada Jumat pagi (08/09/2023) bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH hadir mengikuti acara launching dari Buku yang di terbitkan oleh PT Erlangga yang kantor pusatnya di Jakarta tersebut. Turut pula hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DWP, dan Ketua PGRI.

Dalam sambutannya, Hj. Ika Rahmatika mengucapkan terimakasih atas dukungan dari berbagai pihak atas selesainya Buku “Adi Berani Makan Sayur”

“Alhamdulilah dengan menulis bersama Dr Elon Carlan, yang juga adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kuningan serta di bantu dengan ilustrasi dari adinda Larasputri buku ini dapat terbit. Semoga dapat bermanfaat khususnya dalam meningkatkan minat baca bagi anak-anak sekaligus menaikan gairah literasi masyarakat Kabupaten Kuningan” Ujar Ika.

“Adi dalam buku ini ambil dari nama Adipati Ewangga. Tujuan dari di buatnya buku ini yaitu bagaimana untuk merangsang anak-anak agar gemar memakan sayur dan dalam rangka mengentaskan stunting di Kabupaten Kuningan”, pungkasnya.

Hj. Ika juga mengajak Kepada seluruh Guru Paud agar membiasakan anak-anak didiknya untuk mngenal literasi dengan gerakan membaca dan menulis, Semoga kolaborasi ini dapat terus terjalin dalam mendukung  kenaikan indeks literasi untuk Kuningan Maju

Sementara itu Subekti, Kepala Cabang Erlangga Bandung mengatakan, mudah-mudahan dengan diluncurkannya buku ini menjadi awal munculnya karya-karya terbaik lainnya. Buku ini akan terserap tidak hanya di Kabupaten Kuningan, melainkan akan dipasarkan diseluruh Indonesia. Dengan diterbitkannya Buku ini Mudah-mudahan menjadi Inspirasi dan input positif bagi anak didik kita dari jenjang Paud sampai jenjang SD.

Dalam sambutannya Bupati Acep mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Penerbit Erlangga, Pokja Bunda Paud, Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Kuningan, Himpaudi, IGTKI, dan IGRA, serta stakeholder lainnya yang sudah bersinergis dalam proses pembuatan buku dengan judul “Adi Berani Makan Sayur” karya Bunda Paud Kabupaten Kuningan.

“Buku ini sangat baik untuk dibaca khususnya oleh anak-anak usia dini ataupun oleh orang tua karena didalam buku ini memiliki amanat dan ajakan untuk anak-anak agar gemar makan sayur sebagai asupan nutrisi bagi tumbuh kembang anak, sehingga kedepannya akan tumbuh generasi sehat generasi hebat dan cerdas, serta dapat menurunkan jumlah anak stunting”

Lebih lanjut Bupati Acep berharap bahwa buku ini bisa menjadi referensi bacaan bagi anak-anak dan juga orang tua dalam rangka mengajak masyarakat untuk meningkatkan indeks literasi,  juga dalam rangka untuk membendung masifnya penggunaan Gadget dikalangan anak-anak untuk dialihkan dengan  gemar membaca Buku. Diharapkan kedepan diadakan jadwal 1 hari khusus membaca buku dalam rangka membiasakan untuk membaca Buku bagi anak-anak.

“Semoga kolaborasi ini bisa terus terjalin antara dinas pendidikan dan kebudayaan, pokja bunda paud kabupaten kuningan, dan organisasi mitra lainnya dalam mendukung program-program peningkatan indeks literasi masyarakat melalui kebijakan-kebijakan sesuai tupoksinya masing-masing, demi terwujudnya masyarakat yang cerdas dan sejahtera menuju kuningan maju (makmur agamis pinunjul) berbasis desa pada tahun 2023” tutup Bupati Acep. (BagProkompim/SetdaKuningan)