oleh

Buka Pelatihan Desain Kemasan, Wabup Ridho Berharap Para Pelaku UMKM di Kuningan Dapat Naik Kelas Dalam Hal Kemasan Produk

-Berita-135 Dilihat

KUNINGAN- Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si., membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Kemasan Produk UMKM dalam Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (PK2UMK) Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kabupaten Kuningan Tahun Anggaran 2023. Diselenggaran oleh Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, bertempat di Room Grage Sangkan Hotel Sangkanhurip Kuningan. Selasa (06/06/2023)

Kegiatan Pelatihan Desain Kemasan dengan 30 peserta UMKM binaan Diskopdagperin ini turut dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Barat Dr. Tatang Suryana, S.SI., M.Si., Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan U. Kusmana, S.Sos., M.Si., beserta jajaran struktural, Para Narasumber, Para Peserta Pelaku UMKM, dan undangan lainnya

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kuningan menyampaikan bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian lokal. UMKM memberikan sumbangsih yang luar biasa dalam menciptakan lapangan kerja, menggerakkan roda ekonomi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Terbukti pada masa pandemi covid-19 Kabupaten Kuningan termasuk Kabupaten dengan pemulihan tercepat, karena memiliki sekitar 59.561 pelaku UMKM (sumber informasi dari aplikasi sibadu mirakyat), yang sebagian besar usahanya masih berjalan dan berkembang sampai saat ini.” Ujar Wabup Ridho

Lanjut Wabup mengatakan upaya untuk mengangkat derajat UMKM menjadi sangat penting bagi kemajuan dan kemakmuran daerah. Maka dalam rangka itu pemerintah kabupaten kuningan menyelenggarakan pelatihan desain kemasan produk bagi para pelaku UMKM. Pelatihan ini dirancang khusus untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengembangkan kemasan produk yang menarik dan berkualitas. Kemasan yang baik dan menarik mampu memberikan nilai tambah yang signifikan bagi produk UMKM, serta mampu meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

Masih Wabup mengucapkan terima kasih atas peran serta pelaku UMKM telah berkontribusi membantu pertumbuhan dan keberlanjutan perekonomian di Kabupaten Kuningan. “Saya berharap para pelaku UMKM di kuningan dapat naik kelas dalam hal kemasan produk. Dengan menguasai teknik-teknik kemasan yang efektif, kita dapat meningkatkan daya tarik produk kita di pasaran, menarik perhatian konsumen, serta menciptakan citra profesional dan berkualitas tinggi bagi UMKM kuningan secara keseluruhan dalam jangka panjang.”Pungkasnya

Sebelumnya, Kadiskopdagperin U Kusmana menyampaikan dalam laporannya kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka menjalankan amanah keputusan Bupati Kuningan Nomor: 903/kpts.01/perbendaharaan dan akuntansi tanggal 02 januari 2023 tentang pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah (DPA-SKPD) Kabupaten Kuningan Tahun 2023.

Lebih lanjut U Kusmana menjelaskan pelatihan ini khusus difokuskan pada desain kemasan produk UMKM. Desain kemasan produk yang menarik dan sesuai dengan tuntutan pasar dapat menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya saing produk UMKM. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang lebih dalam mengenai desain kemasan yang efektif dan menarik bagi konsumen.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi para peserta serta mampu mendorong pertumbuhan dan peningkatan kualitas umkm di kabupaten kuningan. Memberikan inspirasi dan pemahaman yang mendalam bagi peserta. mari kita terus bekerja sama, berkarya, dan mewujudkan impian kita untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis umkm dengan desain kemasan produk yang menarik.”Harap Kadiskopdagperin. (BagProkompim/SetdaKuningan)