oleh

BMKG dan BNPB Rilis Peringatan Dini Potensi Hujan Deras

-Berita, Utama-482 Dilihat

BERITA BOGOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan prakiraan cuaca yang menyatakan bahwa 19 Provinsi di Indonesia berpotensi akan mengalami hujan lebat di awal tahun 2021.

Rabu (06/01/2021) sore, wilayah Bogor kembali diguyur hujan deras disertai gemuruh. Sekitar pukul 15.00 WIB, hujan mulai mengguyur hingga hingga menjelang malam masih terpantau cukup deras hujan di Bumi Tegar Beriman. 

“Hujannya tidak seperti awal tahun kemarin, hari ini hujannya deras langit mendung tebal disertai suara gemuruh,” ucap Oyoh, warga Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur. 

Terpisah, Dadang warga Tajurhalang juga mengatakan, awalnya turun hujan gerimis yang kemudian menyusul hujan deras sekitar Pukul 15.00 WIB.  “Langit memang sudah kelihatan mendung tebal, lalu turun gerimis dan tak lama turun hujan drras. Semoga hujan membawa berkah dan keselamatan bagi warga Bogor,” ujarnya. 

Baca juga :  Peringatan Maulid Nabi Da’arul Istiqomah Al-Islamiyah

BMKG dan BNPB Rilis Peringatan Dini Potensi Hujan Deras 231

Dalam rilis BMKG disebutkan, khusus wilayah DKI Jakarta, BMKG juga merilis prakiraan cuaca yang menunjukan adanya potensi hujan lebat pada malam pergantian tahun baru 2021, yakni pada Kamis (31/12). Lebih lanjut, BMKG menyatakan bahwa potensi cuaca yang sama juga dapat meluas ke wilayah kota penyangga Ibu Kota seperti Tangerang, Tangerang Selatan,  dan Bekasi. 

Provinsi tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. Kemudian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

Tak hanya BMKG yang merilis Peringatan Dini, sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada dalam menghadapi potensi cuaca yang dapat memicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.Selain itu, dalam rangka memutus mata rantai penularan COVID-19 di Tanah Air,

Baca juga :  Eksekusi Mati Mary Jane Ditangguhkan

BNPB meminta kepada seluruh pemangku kebijakan di daerah agar mengambil upaya yang dianggap perlu untuk pengurangan risiko bencana alam maupun non alam pada pergantian tahun baru 2021.

Hal ini sebagaimana arahan Kepala BNPB Doni Monardo yang disampaikan dalam Webinar Kaleidoskop Kebencanaan 2020 dan Prediksi Fenomena Serta Potensi Bencana Tahun 2021 pada Selasa (29/12) lalu. (red) 

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru