oleh

Berkunjung ke Kota Cirebon Mudah, Sekda: Peluang untuk Sektor Pariwisata

-Berita, Utama-238 Dilihat

CIREBON – Teladan berupa pengorbanan para legiun veteran dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia mesti menjadi inspirasi bagi generasi kini dan mendatang.

Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, M.A.P., saat ramah tamah dengan Perintis Kemerdekaan dalam Rangka HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Cirebon tahun 2023, di lobi gedung Sekretariat Daerah (Setda), Rabu (16/8/2023). 

“Sudah sepatutnya kita mengambil teladan pada segenap pihak yang berjuang membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Eti. 

Hadirnya para veteran tidak lepas dari sejarah perjuangan rakyat Indonesia, khususnya rakyat Cirebon. Veteran berhasil merebut, mempertahankan, dan menegakkan kemerdekaan serta kedaulatan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. 

“Veteran telah gigih dalam berjuang melawan penjajah. Mereka berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa Indonesia,” tutur Eti. 

Pihaknya berharap, kolaborasi Pemda Kota Cirebon dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) terus dilakukan. Hal ini sebagai wujud gotong royong dan kebersamaan yang merupakan nilai dasar bangsa Indonesia. 

“Melalui berbagai kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan, para veteran menunjukkan bahwa tidak ada akhir untuk pengabdian dan perjuangan memajukan bangsa dan negara,” tuturnya.

Menurut Eti, berkarya dan berbakti untuk nusa bangsa adalah tanggung jawab seumur hidup yang tidak bisa dihalangi oleh apapun. Maka, tugas generasi hari ini untuk mengambil teladan dan melanjutkan estafet perjuangan dengan tantangan yang berbeda.

“Kami mengajak kita semua untuk tetap bersemangat melakukan berbagai kerja-kerja produktif dan bangkit meraih cita-cita bangsa,” kata Eti. 

Sementara itu, Ketua LVRI Kota Cirebon, H. Abdul Rosyid mengingatkan pentingnya tetap menjaga persatuan dan kesatuan jelang tahun politik. 

“Jaga persatuan dan kesatuan NKRI dari perpecahan. Kobarkan semangat juang dengan Pancasila sebagai dasar negara,” tegasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Pemda Kota Cirebon memberikan santunan kepada 58 legiun veteran dan menyerahkan bantuan berupa alat bantu kepada penyandang disabilitas di Kota Cirebon.