oleh

Berikan Pembinaan, Ketua DWP Jabar “Wanita Harus Berperan Bukan Baperan”

-Berita-67 Dilihat

KUNINGAN- Perempuan adalah publik figur bagi anak-anaknya dan pencetak generasi penerus bangsa, perempuan juga harus turut berperan menentukan arah pembangunan bangsa. Untuk itu, perempuan harus mandiri serta berfikir positif, karena perempuan adalah penopang ketahanan keluarga dan sangat memiliki andil kesejahteraan keluarga dan negara.

“Wanita itu harus berperan bukan baperan. Saya percaya Ibu-Ibu tidak ada yang baperan, tapi hatinya sudah tulus menerima instruksi memperkuat lembaganya,  sehingga dinamika lembaga akan tetap bisa disikapi dengan positif,” ucap Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat, Hj. Yanti Krisyana Herman, saat memberikan pembinaan dalam kegiatan Bina Wilayah (Binwil) DWP Ciayumajakuning (Ciamis, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), dari DWP Provinsi Jawa Barat, di Pendopo Kabupaten Kuningan, Kamis, (20/6/2024).

Ketua DWP Jabar, juga menekankan peran penting Dharma Wanita dalam mendukung pembangunan, sebagai manifestasi dari dedikasi kaum perempuan dalam memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan negara. Ia juga menyoroti, bahwa perempuan dengan potensi yang besar telah berhasil berperan di berbagai sektor pembangunan, dari ilmu pengetahuan dan teknologi hingga aspek sosial, ekonomi, hukum, dan kemanusiaan.

“Dharma Wanita, juga harus turut andil menguatkan potensi lokal untuk mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Senada dengan Ketua DWP Jabar, Penasehat DWP Kab. Kuningan Hj. Susi Widyawati Hidajat, dalam arahannya menyampaikan, dengan potensi pangan yang kaya, saat ini Pemerintah Kabupaten Kuningan sedang fokus pada peningkatan ekonomi daerah serta penanggulangan gizi buruk dan stunting. Untuk itu Susi mengajak anggota DWP meningkatkan pemahaman tentang berbagai isu sosial kemasyarakatan, permasalahan strategis dalam pembangunan daerah dari sudut pandang kaum perempuan.

“Hari ini, Pemerintah Kabupaten Kuningan fokus pada peningkatan ekonomi daerah yang mandiri dan berkeadilan. Mari kita dukung pemberdayaan UMKM dengan memprioritaskan produk lokal Kabupaten Kuningan. Selain itu, di bidang kesehatan, juga tengah fokus pada penanganan gizi buruk dan stunting serta membangkitkan kembali sikap gotong royong dan kepedulian sosial.” Terang Susi.

Sementara, Ketua DWP Kab. Kuningan Hj. Ela Helayati Dian, dalam kesempatan yang sama menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan DWP Provinsi Jawa Barat yang telah menunjuk Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah digelarnya kegiatan bina wilayah DWP se-Ciayumajakuning. Menurutnya, kegiatan bina wilayah dapat menjadi momentum bagi Dharma Wanita untuk berkolaborasi dalam mendukung pembangunan daerah dan memperkuat peran kaum perempuan dalam berbagai sektor kehidupan.

“Peran Dharma Wanita dalam mendukung pembangunan sejatinya merupakan wujud kiprah kaum perempuan dalam memberikan dharma baktinya bagi kemajuan negara. Sebagai organisasi yang dibentuk mengikuti kedinasan, maka keberadaan Dharma Wanita diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja lembaga perangkat daerah,” tutur Ela.

Dalam Kegiatan Bina Wilayah yang dimeriahkan penampilan Angklung dari DWP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan, dihadiri Ketua dan Pengurus DWP se-Ciayumajakuningan, DWP SKPD dan Kecamatan se-Kabupaten Kuningan, serta undangan lainnya. (IKP/DISKOMINFO)