oleh

Berikan Motivasi di Pusdiklat Paskibraka, Wabup Ridho : Kita Sama-sama Memiliki Kebanggaan yang Luar Biasa

-Berita-90 Dilihat

KUNINGAN – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka mempunyai keistimewaan yang luar biasa, karena mengibarkan bendera pusaka merupakan sesuatu yang sakral bagi bangsa dan negara. Bisa mengibarkannya harus melalui tahapan proses pendidikan dan pelatihan yang mengorbankan waktu dan tenaga.

“Itu merupakan bentuk pengorbanan kalian, sama seperti para pahlawan berjuang pada saat memerdekakan bangsa kita melalui proses perjuangan.” Ujar Wakil Bupati Kuningan, H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si., saat memberikan materi dan motivasi kepada anggota Paskibraka di Pusdiklat Paskibraka Kabupaten Kuningan, di Wisma Permata Kuningan. Senin (14/8/2023).

Wabup Kuningan menyampaikan pengertian Paskibraka menurut peraturan Presiden No. 51 tahun 2022. Paskibraka tidak disiapkan sebatas untuk manaikan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, tetapi menjadi suatu program pengkaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila

“Kalian akan mempertanggung jawabkan suatu hal yang sangat luar biasa, mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka yang mempunyai nilai histori kemerdekaan. Disnilah letak karakter pancasila yang pasti akan kalian miliki.” Ungkap Wabup Ridho

Menurutnya, mereka sudah mempunyai potensi yang luar biasa dengan membuktikan bahwa bisa bergabung dalam Pusdiklat Paskibraka Kabupaten Kuningan pada tahun ini.

“Kalian mempunyai potensi yang besar, persiapkan diri kalian untuk wujudkan cita-cita di masa depan. Manfaatkan setiap momentum seperti ini untuk mengembangkan kemampuan kalian.” Tandasnya

Selanjutnya Wabup mengingatkan kepada calon Paskibraka yang akan mengemban tugas mulia, untuk dapat mengikuti Pusdiklat dengan sungguh-sungguh. Sehingga dapat menjalankan amanah dengan baik sebagai pengibar bendera pada upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus 2023 mendatang.

“Kita sama-sama memiliki kebanggaan yang luar biasa, Saya berharap, setelah adik-adik melewati berbagai tahapan dan resmi menjadi Paskibraka. Tunjukan kekompakan dengan memakai seragam Paskibraka pada saat hari kemerdekaan, torehkan keberhasilan mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka yang akan menjadi cerita yang luar biasa di masa depan.”

Turut mendampingi Wakil Bupati Kuningan pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Kesbangpol Kabupaten Kuningan H. Hidayat Saleh, Ketua Pusdiklat Paskibraka Muhammad Abdul Azis, beserta Jajaran dan Ketua Purna Paskibra Indonesia Kabupaten Kuningan Fawaz Ibrahim. (BagProkompim/SetdaKuningan)