oleh

Bencana Alam Desa Banyuwangi Cigudeg 50 Jiwa Mengungsi

Bencana Alam Desa Banyuwangi Cigudeg 50 Jiwa Mengungsi 239

BERITA BOGOR – Berselang hanya tiga hari pasca kejadian bencana alam pergeseran tanah di Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang, kini menyusul pergeseran tanah terjadi di Desa Banyuwangi Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Sabtu (17/9/2022)

Mendapat laporan kejadian, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bogor bergerak cepat beserta aparat desa secara bergantian melakukan monitoring lokasi pergerakan tanah sepanjang 30 meter di desa yang terletak di perbukitan tersebut.

“Karna struktur tanah yang masih labil, dikhawatirkan apabila hujan turun kembali dan akan terjadi pergerakan tanah susulan maka kita lakukan monitoring di lolasi,” terang Anggota TRC Kabupaten  Bogor, Juwen dan Alrizkysultan, dalam laporannya. 

Diduga kondisi tanah yang labil saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama di wilayah Kecamatan Cigudeg, mengakibatkan keretakan tanah dari titik awal ke titik akhir retakan Rincian. +-25 meter di Kampung Cibugis Desa banyuwangi Kecamatan Cigudeg.

Sementara, Polsek Cigudeg Polres Bogor menutup sementara akses jalan menuju lokasi bencana. Kapolsek Cigudeg Kompol Wagiman mengatakan bahwa penutupan jalan yang di lakukan sementara waktu ini untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan yang di khawatirkan terjadi.

Baca juga :  Sholat Idul Fitri 1438 Hijriyah

“Selain itu kami pun menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak mendekat di area longsor, serta selalu waspada terlebih di saat hujan turun”, ungkap Kapolsek Cigudeg Kompol Wagiman.

Atas kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun warga Kampung Cibugis yang terancam dampak pergeseran tanah tersebut sebanyak 20 kepala keluarga atau 50 jiwa yang terpaksa harus mengungsi dan di relokasikan ke Kampung Kembang Wangi.

Berdasarkan informasi, warga Kampung Cibugis pernah di relokasi pada tahun 2015 akan tetapi warga berangsur kembali ke lokasi kediaman semula dengan alasan mengelola lahan pertanian. Untuk sementara ini, aparat menutup akses jalan agar tidak ada warga yang melintas karena struktur tanah dilokasi bencana masih labil.

Laporan BPBD Kabupaten Bogor JENIS KEJADIAN
Pergeseran Tanah WAKTU KEJADIAN PADA
Hari         : Sabtu Tanggal  : 17 September 2022
Waktu.    : 06.30 WIB LOKASI/TEMPAT KEJADIAN
Kampung   : Kp. Cibugis Desa/Kel    : Banyuwangi
Kecamatan : Cigudeg
Kabupaten  : Kab. Bogor KRONOLOGIS KEJADIAN
Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama di wilayah kecamatan cigudeg sehingga mengakibatkan keretakan tanah dari titik awal ke titik akhir retakan Rincian. +-25 m di Kp. Cibugis Desa banyuwangi Kec. Cigudeg KORBAN TERDAMPAK
Warga Kp. Cibugis KORBAN TERANCAM
-Kp. Cibugis 20 kk / 50jiwa KORBAN MENGUNGSI
1. 20 kk / 50 Jiwa Keterangan : warga di relokasikan ke Kp. kembang wangi KORBAN JIWA
Nihil FASUM TERDAMPAK
- Akses Jalan Cibugis terputus LANGKAH YG DI LAKSANAKAN TRC BPBD KAB BOGOR
1) Koordinasi Dengan Pihak Desa
2) Melakukan Tindakan Sesuai Standar Operasional (SOP) Kebencanaan
3) Melakukan Pendataan (Assesment)
4) Melakukan Analisa di TKM SITUASI AKHIR
Belum kondusif
- Untuk saat ini Tanah masih bergerak di Wilayah Tersebut
- Akses Jalan sudah tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 dan roda 4
- Jalan Darurat sedang di buat oleh warga setempat - warga telah di himbau untuk tidak beraktivitas di sekitaran longsoran - Sebagian warga telah kembali ke rumah nya masing-masing di kembangwangi ANALISA
-Tim TRC beserta aparat desa bergantian memonitoring lokasi pergerakan tanah karna struktur tanah yang masih labil dikhawatirkan apabila hujan turun akan terjadinya pergerakan tanah kembali
-warga kampung cibugis telah di relokasi di tahun 2015 akan tetapi kembali di karnakan lahan pertanian - akses jalan telah di tutup agar tidak ada warga yang melintas karena struktur Tanah masih labil.

(*/red)

Baca juga :  Kota Bogor Peringkat 2 Innovative Government Award

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru