oleh

Bawaslu Boyolali Bersiap Hadapi Hari Pencoblosan

Published by plid2018 on

BOYOLALI – Untuk memantapkan kesiapan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Boyolali menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilihan Umum Tahun 2019. Apel siaga dilaksanakan pada Jumat (12/4) pagi di Alun-Alun Kidul Boyolali ini juga serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

Apel dengan Pembina Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat ini diikuti oleh anggota Bawaslu, panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam), pengawas pemilu desa (PPD), dan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) seluruh desa yang ada di Kabupaten Boyolali.

Wabup Said seusai gelaran apel mengatakan bahwa pelaksanaan pesta demokrasi di tahun 2019 ini merupakan sejarah baru bagi bangsa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 esok akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif secara bersamaan.

“Tentunya dalam sejarah baru pesta demokrasi yang dilaksanakan khususnya Kabupaten Boyolali, kami terus mengajak marilah kita bersama, kita wujudkan Pemilu yang berintegritas, kita sukseskan Pemilu dan terus menerus kita jaga situasi kondusif nyaman yang terus menerus sudah kita rasakan, marilah kita jaga secara bersama,” ujar Wabup Said.

Dalam kesempatan itu, Wabup Said juga turut mengajak masyarakat Boyolali untuk menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi.

“Penuh kesadaran, kita menggunakan hak pilih kita, hadirlah pada TPS masing-masing dan ini dalam rangka mengurangi atau meminimalisir tingkat ketidakhadiran pemilih,” pesan Wabup Said.

Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono mengatakan menjelang Pemilu 2019 ini pihaknya telah bersiap dengan segala meungkinan yang terjadi. Persiapan terus dimatangkan menjelang hari tenang kampanye pada beberapa hari kedepan. Salah satu yang perlu diwaspadai yakni mengenai praktek politik uang.

“Yang perlu diwaspadai menjelang Pemilu ini adalah politik uang dimana di hari tenang. Sehingga kita siapkan, kita patroli pengawasan, jadi nanti semua pengawas akan melakukan patroli di seluruh TPS agar pengawasan berjalan dengan baik juga Pemilu tanpa ada pelanggaran,” pungkasnya. (Tim Liputan Dikominfo Kabupaten Boyolali)