oleh

Banyak Mencetak Generasi Unggul, Kapolda Maluku Apresiasi UMM

-Berita-191 Dilihat

Banyak Mencetak Generasi Unggul, Kapolda Maluku Apresiasi UMM 1MALUKU, kabarSBI.com – Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., memberikan apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah Maluku (UMM) karena telah banyak mencetak generasi yang unggul.

Apresiasi ini disampaikan orang nomor satu di Polda Maluku saat kunjungan Silaturahmi ke UMM, Senin (11/7/22).

Kunjungan tersebut, beliau didampingi Direktur Intelkam, Kombes Pol. Rali Muskita, S.I.K., Direktur Binmas, Kombes Pol. Deni Abrahams, S.I.K., dan Karo SDM Polda Maluku, Kombes Pol. Deni Putro, S.I.K.

Kedatangan Kapolda Maluku dan rombongan yang bertujuan untuk bersilaturahmi ini disambut hangat oleh Rektor UMM, Dr. Mohdar Yanlua bersama para Dekan dan Kepala Biro, pertemuan berlangsung di ruang kerja Rektor UMM.

Beliau dalam lawatannya tersebut menyampaikan terima kasih kepada Rektor dan jajarannya yang sudah berkenan menyambut maupun menerima kedatangan mereka.

“Tentunya ini merupakan suatu kebahagiaan bagi kami juga, yang mana saat ini kami bisa hadir di sini dalam menjalin silaturahmi bersama bapak ibu sekalian, karena kita tahu bahwa silaturahmi ini sangatlah penting,” jelas Jenderal Bintang Dua itu.

Menurut beliau, pendidikan dan ilmu pengetahuan tidak membatasi siapapun dan dari golongan manapun untuk mendapatkannya.

“Saya pernah bertugas di wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur) dan di sana itu Kampus Muhammadiyah mahasiswanya sudah belasan ribu. Jadi pendidikan itu tidak harus memilih asal usul atau agama apa darimana dia namun siapapun warga negara boleh mendapatkan pendidikan,” ungkap Kapolda Maluku.

Saat ini, ujar beliau, Polri dengan program Presisi Kapolri membuat polisi semakin dekat dengan masyarakat.

Bahkan apabila diminta untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UMM terkait wawasan kebangsaan, beliau mengaku siap memberikannya.

Di akhir silaturahmi tersebut, beliau meminta pihak kampus agar dapat membatu Polri dialam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Beliau mengatakan, tugas dan peran kampus saat ini ini sangat penting dalam menyiapkan generasi yang unggul dan cerdas.

Menyiapkan generasi muda untuk masa depan bangsa dengan perubahan jaman yang sangat pesat.

“Polisi saat ini bisa ada dan bertahan hingga kini itu semua karena kehendak rakyat,” ujar Kapolda Maluku.

Di sisi lain, beliau juga berharap kepada para dosen untuk dapat mensosialisaskan kepada mahasiswa agar cerdas dalam menggunakan media sosial.

Ini diharapkan agar mereka tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, walaupun hanya untuk menyampaikan pendapat.

“Saat ini dunia sudah canggih, olehnya itu aturan yang sudah ada tinggal ditaati saja sebagaimana butir-butir pancasila yang ada kalimat adil, jadi kata adil ini memang harus benar-benar ada dan diwujudkan bukan sekedar ucapan di bibir saja,” jelas Mantan Kapolda NTT.

Pada kesempatan itu juga, beliau menyampaikan program Polda Maluku saat ini yaitu “Basudara Manise”. Program ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera.

“Kami berharap adanya peran kampus karena kita tahu bersama Maluku ini baru saja pulih dari persoalan konflik yang terjadi di masa lalu, kalau hari ini kita masih bertikai sementara daerah lain telah tumbuh dan maju dengan pesat maka kita akan tertinggal jauh,” pungkas Orang Nomor Satu di Polda Maluku itu.

Sementara itu, Rektor UMM, memberikan apresisi kepada Kapolda Maluku, presiasi diberikan karena Kapolda yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku sudah berkunjung ke kampus UMM.

Menurut Rektor, kedatangan Kapolda bersama rombongan Polda Maluku di kampus UMM merupakan suatu penghargaan.

“Kedatangan bapak Kapolda ini merupakan suatu kebanggaan, dan kami mengapresiasinya karena dengan kondisi cuaca hujan deras yang belum reda namun bapak Kapolda berkenan mengunjungi kami,” ungkap Rektor UMM.

Rektor juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam kunjungan silaturahmi ini, pelayanan yang diberikan kurang berkenan.

“Kami mohon maaf apabila dalam pelayanan ini kurang berkenan namun kami harus sampaikan bahwa ini adalah kantor sementara,” ujar Rektor UMM.

Menurut Rektor, bangunan yang ditempati saat ini merupakan milik pengurus Muhammadiyah Wilayah Provinsi Maluku yang dipinjam pakaikan.

“Bangunan ini milik pengurus Muhammadiyah Wilayah Provinsi Maluku yang dipinjam pakaikan kepada kami untuk dijadikan Universitas Muhammadiyah Maluku darurat,” jelas Rektor UMM.

Rektor berharap, ke depan kerjasama antara UMM dan Polda Maluku terus ditingkatkan.

“Kami berharap apabila bapak ada waktu nanti berkenan dapat memberikan kuliah umum kepada mahasiswanya tentang wawasan kebangsaan dan tugas-tugas Kepolisian dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga mahasiswa kami juga bisa mendapatkan wejangan atau tambahan ilmu pengetahuan dari Bapak,” pinta Rektor UMM.

Di tempat yang sama, para dosen yang hadir mendampingi juga meminta Kapolda Maluku agar ke depan dapat merealisasikan kerjasama. Diantaranya memfasilitasi para mahasiswa UMM agar dapat melaksanakan magang di kantor Polisi terdekat. Juga dapat membantu kebutuhan tertentu yang hanya dimiliki pihak Kepolisian untuk kepentingan penelitian para mahasiswa dalam mengikuti kurikulum pembelajaran yang ada saat ini.(simon/red)

Baca Artikel Aslinya