oleh

Angin Segar Hembuskan Wacana Pemekaran Wilayah Kabupaten Bogor

Angin Segar Hembuskan Wacana Pemekaran Wilayah Kabupaten Bogor 239

BERITA BOGOR  – Rencana Pemekaran dan Pembentukan Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Bogor Selatan yang belum kunjung terealisasi dipertanyakan masyarakat arus bawah. Pasalnya, rencana yang telah diwacanakan selama bertahun – tahun tersebut terkesan hanya menjadi angin segar.

Tokoh warga Kabupaten Bogor wilayah barat, Yayat Odang memberikan kesaksian betapa mendambakannya masyarakat di sekitarnya yang bertanya – tanya penyebab belum terealisasinya pemekaran dan pembentukan Kabupaten Bogor Barat. “Selama ini kan banyak tokoh – tokoh dan pejabat yang menghembuskan pemekaran, nah ini membuat masyarakat merasa hanya angin segar saja,” ungkapnya kepada Rakyat Bogor, Minggu (17/7/2022)

Hal ini, kata Yayat menambahkan, membuat tidak sedikit masyarakat bertanya – tanya. “Wacana Pembentukan Bogor Barat janteun dijadikeun adunan politik.. pemangku kabijakan dilaluhurna teu ningali realita dilapangan.. malah gercep Papua..Sawios ditolak ku rakyat na. ulah oge pelayanan kesehatan Atawa adminimistrasi kependudukan. Kalau untuk bayar pajak tahunan kendaraan kalau ga mau ke Samsat di Cibinong. Kita kudu online tapi struknya bukti sudah bayar tetep harus ke Samsat. Paling terdekat ikut di Samsat keliling Kota Bogor.

Baca juga :  Pengenalan Lingkungan Hidup Bagi Pelajar

Sementara, Sekjen Aliansi Masyarakat Penyelamat Bogor (AMPB), Iman Sukarya Sarkowi mendesak pemekaran wilayah di Kabupaten Bogor semestinya menjadi program prioritas. “Jika pemerintah memang punya niatan, misal Bogor Barat, Bogor Timur dan Bogor Selatan akan dapat terwujud dengan keterlibatan DPRD dan Bappedalitbang harus serius mengusungnya,” desaknya.

Ia juga mengusulkan keterlibatan para aktivis dari berbagai elemen dalam hal demand of sense dan kesiapan wilayah itu sendiri untuk di evaluasi dan diprediksi pencapaian ke depanya “Jadi. jangan hanya euforia saja, sebab kita semua tau tingkat kepuasan masyarakat terhadap hasil pembangunan di kabupaten Bogor apakah sudah, selaras dengan perencanaan pemekaran tersebut,” ujarnya.

Dihubungi melalui selular, Pemerhati Birokrasi Pemerintahan, H. Buyung Sakti Hamel, menyatakan tentang mendesaknya pembentukan pemerintahan Kabupaten Bogor Barat dan Bogor Timur mengingat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat menjadi sangat penting dalam rangka menunjang kehidupan Ibu kota negara dan daerah daerah lain disekitarnya.

Menurutnya, Kabupaten Bogor mempunyai peranan strategis secara nasional, Keberhasilan memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bogor dalam segala bidang akan berdampak secara nasional. Tidak mungkin Jawa Barat jadi juara kalau Kabupaten Bogor tertinggal.

Baca juga :  Waspada Bahaya Longsor dan Banjir Akibat Hujan Intens

Kabupaten Bogor merupakan salah satu kabupaten terpadat di Indonesia. Luas wilayah Kabupaten Bogor dengan area medan yang bervariasi dan ekstrim menyebabkan pembangunan tidak merata. Kabupaten Bogor berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan juara dalam kategori banyaknya jumlah penduduk miskin terbanyak nasional. Maret 2021 terdata sebanyak 491,24 ribu penduduk miskin di Kabupaten Bogor. Merupakan jumlah penduduk miskin terbanyak dibanding 513 Kabupatan/kota lainnya.

“Sudah banyak cerita dan keluhan masyarakat Kabupaten Bogor bagian Barat dan Timur terpaksa harus menginap di Cibinong pada saat mengurus keperluan mereka seperti STNK,SIM, Pajak dan dokumen-dokumen lainnya, karena pada saat sampai tujuan kantor yang dituju sudah tutup. Bahkan kalau masih ada persyaratan yang kurang terpaksa harus pulang kembali ke daerahnya untuk kembali dihari berikutnya,” ungkap pemerhati yang juga tokoh Partai Ummat ini.

Dirinya menambahkan masih menonjolnya angka kemiskinan, kesulitan ekonomi, kesulitan akses ke pusat kota dari Bogor Barat dan Bogor Timur, infrastruktur di Bogor Barat dan Bogor Timur yang tidak terawat dan tidak memadai, Medan yang berat, kepadatan penduduk, kurangnya kesempatan mendapatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan, kemudahan informasi dan lainnya menjadi alasan masyarakat Kabupaten Bogor bagian Barat dan Timur untuk meminta pemekaran segera diwujudkan.

Baca juga :  PKS Kabupaten Bogor Gelar Donor Darah

Sekedar diketahui, Jumlah Penduduk Kabupaten Bogor tahun 2021 tercatat Total 5.427.068 orang dengan kepadatan 1.817/km2. Luas Kabupaten Bogor adalah 2.986,20 km2, terdiri dari 40 Kecamatan yang melingkupi 19 keluranan dan 416 desa. Kabupaten Bogor berbatasan dengan Kabupaten Lebak di barat, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi di utara; Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta di timur, Kabupaten Cianjur di tenggara, Kabupaten Sukabumi. (*/red)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru