oleh

Aliran Listrik Padam Akibat LBS Tersambar Petir

Aliran Listrik Padam Akibat LBS Tersambar Petir 233

BERITA BOGOR – Hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda sebagian wilayah Bogor, Minggu (18/10/2020) sore. Salah satu Load Break Switch (LBS) di wilayah kerja ULP PLN Citeureup tersambar petir menyebabkan pemadaman listrik. 

Hujan deras disertai angin kencang dan petir kembali terjadi di wilayah Citeureup, Babakan Madang dan sebagian Klapanunggal. Sebuah LBS  yang terdapat pada penyulang jaringan listrik yang terpasang di sebuah tiang PLN di kawasan Babakan Madang tersambar petir. Akibatnya, aliran listrik ke pelanggan terganggu dan terjadi pemadaman sekira pukul 17.35 WIB sampai dengan pukul 19.52 WIB.

Keterangan dari PLN Rayon Gunung Putri membenarkan kejadian itu. Pihaknya mendapat laporan adanya pemadaman listrik dan segera menerjunkan petugas teknis lapangan guna mengusut penyebab pemadaman listrik tersebut.

Baca juga :  Warga Cilebeut Kecewa Layanan Kesehatan Minim

“Kejadiannya saat hujan deras sebuah LBS tersambar petir. Cuaca hujan angin dan petir yang meyebabkan sebuah penyulang jaringan yang berada di wilayah Kecamatan Babakan Madang, Desa Karang Tengah dan sekitarnya. LBS terlepas akibat terkena petir,” ujar pegawai PLN Rayon Gunung Putri yang enggan disebut namanya. 

Untuk diketahui, LBS merupakan suatu alat pemutus atau penyambung sirkuit pada sistem distribusi listrik dalam keadaaan berbeban. LBS mirip dengan alat pemutus tenaga (PMT) atau Circuit Breaker (CB) dan biasanya dipasang dalam saluran distribusi listrik. 

Terpisah, prediksi adanya hujan deras disertai angin kencang dan petir, sebelumnya sudah dirilis oleh Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun resminya guna kewaspadaan masyarakat terhadap peringatan dini cuaca. Masyarakat Jawa Barat juga dapat mengakses informasi akun resmi PLN UP3 Bandung telah merilis informasi jadwal  pemadaman listrik melalui Insta Story di Instagram resmi PLN Jawa Barat. (red) 

Baca juga :  Tim Rechecking P2WKSS Jabar Kunjungi Kecamatan Cigudeg

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru