oleh

Air terjun Waimarang Waingapu, Sumba

-Wisata-199 Dilihat

Di Pulau Sumba masih  dari Indonesia bagian timur. Untuk kali ini akan membahas tentang air terjun yang letaknya tersembunyi di daerah Sumba yaitu air terjun Waimarang di Waingapu sebuah kota yang merupakan ibukota dari Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

air-terjun-waimarang
air-terjun-waimarang bagaikan kolam renang alami dari sumba timur

 

Air terjun waimarang ini bak surga tersembunyi di Waingapu. Air terjun ini berada jauh di kedalaman hutan sumba. Air terjun ini memiliki ketinggian 2 meter serta kolam yang menampung air di bawahnya bagaikan kolam renang alami buatan alam yang terasa segar air nya. Selain itu air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dengan air yang berwarna biru serta tebing batu yang mengelilingi.

Untuk sampai ketempat ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Waingapu. Dari kota waingapu, perjalanan disuguhi pemandangan padang savana serta bukit-bukit khas daerah sumba yang indah. Untuk akses ke tempat ini melewati akses jalan pedesaan yang terbilang cukup sempit untuk di lalui mobil. Jalan pedesaan ini hanya cukup untuk satu mobil saja, apabila ada mobil dari arah yang berlawanan akan sangat merepotkan. Kembali Akses infrastruktur yang masih menjadi kendala bagi pengembangan tempat wisata.

Terletak di tengah Hutan

Air terjun ini masih asri dan alami karena letaknya yang terbilang masih tersembunyi dan berada di kedalaman hutan masih jarang di jamah oleh manusia dan turis yang berkunjung ke tempat ini juga masih sedikit. Untuk mencapai tempat ini diperlukan trekking menuruni bukit kurang lebih selama 30 menit dari lapangan besar tempat parkir kendaraan.

Bagi Anda pecinta wisata petualangan dan trekking ringan tempat ini salah satu rekomendasi wisata di daerah Indonesia timur, selain Air Terjun dengan kolam renang alami yang terasa sangat segar airnya perjalan trekking ke tempat ini juga menyuguhkan keindahan alam alami khas Hutan Tropis Indonesia.

air-terjun-waimarang
air-terjun-waimarang bagaikan kolam renang alami dari sumba timur

Air terjun walimarang terletak di daerah Melolo tepatnya di Desa Watu hadang, kecamatan Umalulu, Sumba timur, Nua tenggara timur. Untuk biaya retribusi masuk ke tempat ini masih gratis, hanya dikenakan biaya parkir saja. Biaya parkir untuk motor sebesar Rp.5.000,- sedangkan untuk mobil Rp.10.000,-.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Waimarang

Jika ingin berkunjung menikmati Air Terjun Waimarang  ini disarankan menggunakan sendal gunung karena perjalan menuju Air terjun akan melewati jalan setapak  perbukitan,  Disarankan juga membawa perbekalan Air Minum yang cukup serta Konsumsi dan jangan lupa membawa kantung untuk tempat sampah dari sisa perbekalan anda.

Waktu berkunjung ketempat ini yang tepat adalah di pagi hari, tidak disarankan untuk datang sore hari karena perjalanan pulang akan sangat gelap.

Kabar Terbaru