oleh

Afkar, Siswa SMPN 8 Malang dengan Segudang Prestasinya

-Berita-84 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Sukses menjadi yang terbaik pada kejuaraan Kompetisi Olahraga Nasional (KOSN) tingkat SMP Kota Malang, Afkar Duwera Rizky Gyza siap bersaing di tingkat Provinsi Jawa Timur. Berbekal pengalaman tampil di berbagai kejuaraan nasional hingga internasional, karateka INKAI Kota Malang ini optimis bisa menjadi yang terbaik.

Atlet Afkar Duwera Rizky Gyza saat bertemu dengan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di ruang kerja wali kota Balai Kota Malang

Afkar Duwera Rizky Gyza mengungkapkan, setelah sukses di tingkat Kota Malang ia ingin menjadi yang terbaik di tingkat provinsi. Di mana kejuaraan virtual karate KOSN SMP tingkat provinsi nanti akan berlangsung pada 15 Juli 2021.

“Pengambilan video gambar penampilan saya akan dilakukan pada Senin 12 Juli 2021 nanti untuk bahan ikut di tingkat provinsi. Saya optimis bisa menjadi yang terbaik,” jelas Afkar saat diundang Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di ruang kerjanya di Balai Kota Malang, Jumat (9/7/2021).

Optimisme Afkar bisa menjadi yang terbaik tampaknya tidak terlalu berlebihan melihat segudang prestasi yang dimiliki siswa kelas VII SMPN 8 Malang ini. Pasalnya selain sudah sering meraih juara di berbagai kejuaraan, putra dari Kelapa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kota Malang Sugiarto Kasmuri ini juga sudah meraih juara di ajang internasional di Malaysia. Meski masih duduk di bangku SMP, Afkar juga sudah mencatatkan prestasi dalam dunia karate dan dia sudah mengenakan sabuk hitam sejak tahun 2019.

“Saya ikut karate sejak duduk di bangku kelas 1 di Bandung. Ini tak lepas dari kerja keras dan ketekunan dengan terus berlatih dan berlatih,” imbuh Afkar.

Afkar mengaku dirinya tidak terlalu memiliki keinginan untuk menjadi karateka, karena karate sangat butuh latihan keras untuk membentuk fisik yang prima. Namun berkat dorongan kakeknya (Surya Buhanudin) membuatnya berubah pikiran dan selalu berlatih dengan penuh semangat.

Pengalaman berlatih di luar negeri saat ayahnya bekerja di Sydney, Australia membuat Afkar semakin bersemangat menekuni dunia karate. Maka tak heran sejak usai delapan tahun, anak pertama dari dua bersaudara ini sudah berhasil meraih prestasi.

Dia mulai meraih juara sejak berusia sembilan tahun, saat itu ia meraih juara III Kumite pada Kejuaraan INKAI di Jakarta. Kemudian meraih juara 3 Kejurprov INKAI Jakarta, juara III Kumite Kejurnas INKAI 2018 di Banjarmasin, dan juara I Kata Beregu Kejurprov INKAI 2019.

“Pada usia 10 tahun, saya tampil di kejuaraan internasional di Malaysia dengan meraih medali emas sebagai juara Kejuaraan Milo Malaysia Internationa Open Karate 2018. Kemudian meraih medali emas lagi pada Februari 2019 sebagai juara Kumite di Silent Knight Malaysia International Open Karate Champhionship Kuala Lumpur,” ujar siswa SMP Negeri 8 Malang.

Prestasi ini terus berlanjut di Juli 2019 untuk ketiga kalinya bertanding di luar negeri, Afkar meraih mendali emas sebagai juara kumite di Milo Malaysia International Open Karate Champhionship 2019. Pada usia 11 tahun, Afkar berhasil meraih impian untuk meraih sabuk hitam karate sebagai penyandang predikat DAN 1 INKAI dan bersamaan meraih predikat sebagai peserta ujian DAN 1 terbaik putra.

Sebagai apresiasi atas kesuksesannya, Wali Kota Malang Sutiaji secara khusus mengundang Afkar datang ke ruang kerja Wali Kota Malang di Balai Kota Malang. (cah/ram)

Kabar Terbaru