oleh

Ada Apa Iwan Setiawan Keliling Wilayah Kecamatan Gunung Sindur?

-Berita-414 Dilihat

Ada Apa Iwan Setiawan Keliling Wilayah Kecamatan Gunung Sindur? 239

BERITA BOGOR – Hampir seharian meluang waktunya, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan berkeliling wilayah Kecamatan Ganung Sindur Kabupaten Bogor. Tak tanggung : tanggung, Iwan Setiawan menjelajah empat lokasi desa yang lolasinya berada di sebelah utara Bumi Tegar Beriman.

Ada apa Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan sehingga ia menyempatkan diri di tengah – tengah kesibukannya hanya untuk secara langsung melihat dari dekat, dan apa saja yang ia lakukan selama peninjauan ke wilayah Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor, Rabu (27/7/2022). Yuk kita simak ulasannya.

Iwan Setiawan selaku Plt. Bupati Bogor meninjau sejumlah desa yang ada wilayah Kecamatan Gunung Sindur untuk mengetahui sejauh mana potensi dan perkembangan pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya melalui kegiatan Bogor Keliling (Boling).

Ia meninjau perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan melihat langsung implementasi program kegiatan Satu Milyar Satu Desa (Samisade) di empat desa wilayah Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor yakni, Desa Curug, Desa Pengasinan, Desa Cidokom dan Desa Cibinong.

Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan juga melakukan beberapa rangkaian di empat lokasi desa yakni. Kegiatan di Desa Curug antara lain, meninjau lokasi ikan hias (Neon Tetra), peninjauan Kelompok Tani Cendikia Nursery, dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi UMKM Keripik 3 Saudara dan peninjauan PAUD Nurul Amal. Kemudian Plt. Bupati Bogor juga menerima langsung cinderamata dari petani ikan hias berupa Ikan Koi dan Ikan Neon Tetra serta menerima langsung tanaman Hias dari Kelompok Tani Desa Curug.

Baca juga :  Panwas TPS Tamansari Dilantik

egiatan selanjutnya bergeser ke Desa Pengasinan yakni meninjau langsung ke lokasi Pengelolaan Bank Sampah dan Maggot. Sementara beberapa agenda kegiatan Iwan Setiawan di Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur yaitu, peninjauan Pembangunan RKB (Ruang Kelas Belajar) tahun 2021di SDN Cidokom 2 serta meninjau langsung hasil pembangunan program Samisade tahun 2021.

Dalam kesempatan ini Plt. Bupati Bogor menghadiri kegiatan festival rakyat, dilanjutkan dengan peninjauan UMKM Desa Cibinong, dan penandatanganan prasasti Desa Cibinong dan Desa Jampang. “Ternyata potensi UMKM tanaman hias dan ikan hias juga ada disini. Saya lihat ada beragam produk olahan seperti peyeum, keripik singkong dan produk andalan kasur juga tahu,” ungkap Iwan Setiawan.

Dirinya menjelaskan bahwa, hasil peninjauan implementasi pelaksanaan kegiatan Samisade di Gunung Sindur menurutnya sudah cukup maksimal. Ia pun meminta kepada para Kades di wilayah Kecamatan Gunung Sindur untuk menyiapkan dengan maksimal mulai dari verifikasi lapangan calon infrastruktur yang akan dibangun dengan program Samisade hingga pelaksanaan pembangunannya, jika anggaran Samisade sudah diturunkan.

Baca juga :  Inspektorat Periksa Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat

Iwan Setiawan mengaku apresiasi terhadap program pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor, sudah lebih maju daripada kecamatan lainnya. Hal itu diungkapkan Plt. Bupati Bogor saat menghadiri kegiatan Bogor Keliling (Boling) di lokasi peninjauan titik terakhir Desa Cibinong Kecamatan Gunung Sindur. 

“Ternyata Gunung Sindur ini masuk ke-5 besar tertinggi dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, jalan-jalannya bagus, baik itu jalan desa, jalan kabupaten maupun jalan provinsi dan juga infrastruktur lainnya,” terang Plt. Bupati Bogor.

Pada kesempatan ini, Plt. Bupati Bogor juga melibatkan beberapa Perangkat Daerah (PD) yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat, seperti pelayanan langsung Akte Kelahiran dan KTP oleh Disdukcapil, pelayanan Samsat oleh Bappenda, BJB dan Polres Bogor, pelayanan BPJS oleh Dinkes.

Sementara, Camat Gunung Sindur, Dace Haetomi mengatakan bahwa potensi wilayah Gunung Sindur adalah pertanian, petani tanaman hias, petani ikan hias yang sudah menembus pasar luar negeri, salah satunya ekspor ke Negara Korea dan produk olahan berbahan dasar singkong salah satunya olahan keripik singkong.

Baca juga :  Diskominfo Kabupaten OKI Kaji Banding Terkait Optimalisasi Kerjasama dengan Media Massa Ke Diskominfo Kabupaten Bogor

Khusus di Desa Pabuaran jadi salah satu desa percontohan kerukunan tingkat Provinsi Jawa Barat dan beberapa waktu lalu ditinjau langsung oleh Kementerian Agama untuk memonitor langsung kegiatan kerukunan. Untuk implementasi kegiatan Samisade di wilayah Kecamatan Gunung Sindur sudah berjalan cukup baik, dan siap melanjutkan program Samisade di tahun 2022 ini.

“Beberapa titik lokasi Samisade di wilayah Kecamatan Gunung Sindur tahun 2021 Alhamdulilah sudah kami laksanakan, dan terima kasih kepada Pak Plt. Bupati Bogor yang telah berkenan melihat langsung hasil program Samisade juga meninjau sejumlah UMKM dan kelompok tani di wilayah kami,” tandasnya. (tim)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya