oleh

6725 Siswa SMK di Boyolali Ikuti UNBK

Published by plid2018 on

BOYOLALI – Sebanyak 42 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Boyolali menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2018/2019. UNBK SMK ini diikuti 6725 siswa yang akan dilaksanakan selama empat hari ini dimulai Senin (25/3) dengan mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia. Digelar hingga Kamis (28/3) dipastikan seluruh SMK baik swasta maupun negeri di Boyolali menggelar ujian dengan sistem UNBK.

“Di Boyolali ada 42 SMK negeri maupun swasta itu sudah 100 persen melaksanakan UNBK. Kita laksanakan sesuai pos dimana pelaksanaannya adalah 25, 26, 27 dan 28 Maret 2019,” terang Kepala SMKN 1 Boyolali, Kasiswo ketika ditemui saat memantau pelaksanaan UN di sekolahnya yang terbagi dalam lima laboratorium.

Kepala Sekolah yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Boyolali ini menjelaskan dalam UNBK ini diawasi oleh petugas dari sekolah lain. Selain pengawasan silang, pada setiap laboratorium diawasi dua pengawas, seorang proktor dan satu orang teknisi.

“Di SMKN 1 Boyolali sebanyak 464 siswa yang mengikuti UNBK. Setiap hari ada tiga sesi, dan kita menggunakan lima laboratorium [komputer],” imbuhnya..

Pihaknya juga menambahkan, jadwal pelaksanaan UNBK dengan satu mata pelajaran setiap harinya yang akan dilaksanakan dalam tiga sesi. Sesi pertama pukul 07.30 sampai 09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30 sampai 12.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Disinggung menegenai persiapan UNBK, Kasiswo menjelaskan telah melakukan sinkronisasi dan simulasi ujian. Selain persiapan teknis, pihaknya juga memberi pembekalan dan pengayaan materi pelajaran kepada siswanya serta melakukan ujicoba selama empat kali.

“Semua persiapan berjalan lancar, ini butuh rangkaian panjang. Sudah ada simulasi dan sinkronisasi, puncaknya kemarin [Minggu (24/3) seluruh SMK di Kabupaten Boyolali sudah sinkron,” tegas Kasiswo.

Sementara Pengawas SMK dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Tengah, Agung Setiyarto memastikan UNBK di Boyolali berjalan dengan lancar. Hal tersebut disampaikan ketika memantau pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Boyolali.

“Kita memastikan bahwa semua siswa telah mengikuti UNBK dengan baik dan peralatan yang digunakan juga sesuai standar yang diamanatkan oleh pos UN, sehingga dipastikan semua siswa  dapat mengerjakan UNBK dengan baik dan nyaman. Sehingga pelaksanaan UN 2019 ini sukses prestasi dan sukses pelaksanaan,” terangnya singkat.

Sebagai informasi untuk jadwal mata pelajaran yang diujikan untuk hari kedua pada Selasa (26/3) yakni Matematika dan untuk Rabu (27/3) berupa Bahasa Inggris. Sementara hari terakhir pada Kamis (28/3) dengan mata pelajaran Teori Kejuruan. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali).