oleh

Dapat Tingkatkan Ekonomi, Warga Sunter Jaya Gelar Lomba Pilah Sampah

JAKARTA, LINTAS DAERAH –  Masalah sampah rumah tangga dan lainnya terus menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah dearah DKI Jakarta.

Berbagai upaya pun terus dilakukan, seperti yang dilakukan Warga RW 09 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Saat ini warga RW 09 menggelar lomba pilah sampah. Perlombaan tingkat RW ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendukung program pemerintah.

“Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah. Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) 77 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga,” kata Lurah Sunter Jaya, Eka Persilian Yeluma, Senin, 22/5/2023.

Eka menerangkan peserta dalam lomba pilah sampah ini adalah warga RW 09.

“Diikuti secara langsung oleh RT, RW, para kader (Dasawisma, Posyandu, dan PKK), masyarakat RW 09 sendiri dan PT TMMIN selaku pendamping bank sampah sekaligus sponsor kegiatan. Dalam lomba ini masing-masing rumah melakukan pemilahan sampah dari sumber, yang memiliki nilai ekonomis dijual ke bank sampah dan yang residu dibuang,” ungkapnya.

Eka berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah di sumber.

“Tujuannya untuk mencapai target, baik pengurangan, penanganan dari sampah rumah tangga di DKI Jakarta. Harapannya semoga beban sampah di Jakarta dapat berkurang, ekomoni rumah tangga bertambah, dan kepedulian masyarakat pada lingkungan bertambah,” tuturnya.

Untuk diketahui, kegiatan lomba rumah memilah ini dilaksanakan selama lima hari lamanya, yakni dimulai tanggal 22 sampai dengan 26 Mei 2023. (red)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *