Beranda Berita 10 OTT Buang Sampah Sembarang Direspon DLH Kabupaten Bogor

10 OTT Buang Sampah Sembarang Direspon DLH Kabupaten Bogor

11
0

10 OTT Buang Sampah Sembarang Direspon DLH Kabupaten Bogor 237

10 OTT Buang Sampah Sembarang Direspon DLH Kabupaten Bogor 237

BERITA BOGOR – Tumpukan sampah menggunung dan berserakan mengakibatkan jalan beton mengalami kerusakan. Aroma tak sedap dan wabah penyakit mengancam masyarakat sekitar RT 01 RW 011 Kampung Cikalangan Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

Lokasi pembuangan sampah liar itu terletak di jalan beton menuju pemakaman kramat Kandang Uncal dan perumahan Grand Harmoni. Masyarakat sekitar dan pengguna jalan mengeluhkan aroma tak sedap dan jalan yang berlumpur akibat sampah berserakan.

Keberadaan sampah ini membuat Karang Taruna Desa Cileungsi berinisiatif melakukan kerja bhakti, sekaligus melakukan pemantauan setiap malam hari di seputar lokasi pembuangan sampah liar tersebut.

“Kita sudah memergoki 10 orang yang membuang sampah pada malam hari. Orang Tertangkap Tangan (OTT) membuang sampah itu diberikan efek jera dan harus membawa lagi sampah yang telah dibuangnya itu. Hal ini kita lakukan supaya masyarakat sadar kebersihan lingkungan,” kata Herdi, Ketua Karang Taruna Desa Cileungsi, Rabu (4/3/2020) malam.

Baca juga :  Lomba Cerdas Cermat Muspika

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup, Trian Turangga, (4/3) siang, menyempatkan diri meninjau lokasi tumpukan sampah liar yang viral di media massa online. Dirinya didampingi Camat Cileungsi, Kades dan BPD Cileungsi merencanakan pengangkutan sampah yang menggunung tersebut.

Camat Cileungsi, Zaenal Ashari, berharap kepada warga Kampung Rawa Putat Desa Cileungsi kidul dan warga Kampung Cikalagan Desa Cileungsi dapat secara bersama – sama melakukan kerja bhakti membersihkan sampah tersebut.

“Saya berharap warga kedua kampung disini kompak menjaga lingkungannya jangan sampai ada warga yang buang sampah sembarangan ketempat ini lagi,” pinta Camat Cileungsi usai mendampingi peninjauan lokasi pembuangan sampah liar.

Baca juga :  Jabar Lautan Kopi 2017

Terpisah, warga Kampung Cikalagan, Lulu Nasrudin, mengaku sangat berterima kasih kepada Karang Taruna Desa yang aktif dan berinisatif kerja bhakti membershkan sampah dan telah membuat pelaku OTT pembuang sampah jera. Dirinya juga berterimakasih atas respon DLH, Camat dan Kades yang akan mengevaluasi dan mengangkut pembuangan sampah liar tersebut. (mns)

Baca Artikel Aslinya